Ia mengakui jika mekanisme estimasi ini berpeluang terjadinya kekeliruan. Yakni terdapat kelebihan atau kekurangan nilai tagihan dari yang seharusnya.
"Kami juga masih menginventarisasi setiap komplain yang ada. Kami membuka layanan dan membuka diri jika ada masalah mengenai tagihan. Silakan dikonfirmasi ke kantor PDAM," sebutnya.
Sementara bagi masyarakat yang terlanjur membayar. Dengan nilai yang tidak sesuai. PDAM akan mengembalikan kelebihan tagihan. Baik melalui pengembalian tunai langsung. Ataupun pengurangan nilai tagihan bulan berikutnya.
"Jika memang nanti terbukti termasuk yang kena penyimpangan yang ekstrem, ya pasti kita kembalikan. Tapi bisa juga kita masukkan ke tagihan bulan depan," kata Haidir.
Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi meminta masyarakat agar tetap tenang atas kejadian tersebut. Rizal juga meminta PDAM memberikan solusi kepada masyarakat.
"Tapi sekali lagi kita minta maaf kepada masyarakat, karena ini menjadi keluhan dan kekagetan masyarakat," ujarnya. (bom/eny)