Baru 274 Pedagang yang Dites, Uji Swab di Pasar Pandansari Akan Dilanjutkan

Kamis 02-07-2020,11:30 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

BALIKPAPAN, DiswayKaltim.com - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Balikpapan akan terus melanjutkan uji swab massal di Pasar Pandansari. Karena jumlah pedagang yang mengikuti tes masih minim. Terdata, baru mencapai 274 orang.

“Bisa saja kita adakan tes tahap kedua, mengingat jumlah pedagang di situ lebih dari 700 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Balikpapan yang juga juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Balikpapan, dr Andi Sri Juliarty, Rabu (1/7/2020).

Hasil tes swab di Pandansari juga akan menjadi rujukan. Mengingat di pasar ini sudah pernah ada pedagang yang tertular COVID-19. Dan meninggal dunia saat dirawat di rumah sakit. Menurut dr Juliarty, saat ini sedang di-tracking orang-orang yang dekat dengan mendiang. Atau pernah berinteraksi dengannya dalam waktu dekat-dekat ini.

Uji swab massal dilakukan di lokasi yang dinilai memiliki risiko penyebaran. Karena itu uji swab juga digelar di pasar tradisional lainnya, yaitu di Pasar Klandasan, Pasar Baru, dan Pasar Sepinggan.

“Ini upaya kita menjaga pedangan dan pembeli, warga Balikpapan, dan melacak penyebaran COVID-19,” lanjut dr Juliarty.

Ali, pedagang bahan makanan pokok di Pasar Pandansari mengaku sudah 4 kali mengikuti rapid test. “Semuanya diadakan sama perusahaan. Kan saya juga kerja di kilang Pertamina. Kalau sekarang lagi bantu istri jualan,” tuturnya.

Menurut Ali, tes swab ini memberikan kepastian kepada sesama pedagang dan juga pembeli bahwa pasar aman dari penyebaran COVID-19.

Tags :
Kategori :

Terkait