Puskesmas di Tenggarong Mulai Buka Pendaftaran Program Sejuta Akseptor KB

Kamis 25-06-2020,15:17 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

Kukar, DiswayKaltim.com - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Loa Ipuh Tenggarong melayani pemasangan alat kontrasepsi secara gratis. Puskesmas Loa Ipuh Tenggarong juga menyebut ini dilakukan secara serentak dan nasional. Menyambut Hari Keluarga Nasional (Harganas).

Untuk menghindari adanya penumpukan dan kerumunan massa dalam jumlah banyak. Puskesmas memilih untuk membuka pendaftaran sejak 25-29 Juni 2020. Dan sekaligus membuka layanan pemasangan alat kontrasepsi tersebut.

"Supaya tidak terjadi kerumunan itu, mulai dicicil mulai tanggal 25," jelas Kepala Pukesmas Loa Ipuh Tenggarong Achmad Nizamudin pada Disway Kaltim, Kamis (25/6/2020).

Sejak dibuka pendaftaran, Puskesmas Loa Ipuh Tenggarong telah menghimpun sebanyak 15 orang.  Untuk ikut dalam program pelayanan KB Sejuta Akseptor. Dan kemungkinan akan terus bertambah hingga pendaftaran ditutup. Yakni puncak Harganas ke-26 pada 29 Juni 2020 pekan depan.

Akseptor yang disediakan pun bermacam-macam. Tergantung keinginan peserta yang ikut dalam program Harganas ke-26 ini. Yakni jenis suntikan, kondom, susuk, alat kontrasepsi dalam rahim, jenis spiral hingga jenis Copper-T.

Sedangkan untuk jenis atau metode operasi, seperti Vasektomi dan Tubektomi belum bisa dilaksanakan. Lantaran memerlukan ruang operasi dalam pemasangannya. Dan untuk Puskesmas Loa Ipuh Tenggarong tidak memiliki ruangan dan alat operasi yang diperlukan. "Kita hanya yang mekanis saja," lanjut Nizamudin.

Nizamudin menyebut jika Puskesmas Loa Ipuh Tenggarong tidak ditarget berapa jumlah masyarakat yang akan mengikuti program ini. Sehingga jumlah masyarakat yang mendaftar akan dilaporkan ke BKKBN Kutai Kartanegara, untuk dimintakan alat kontrasepsi yang akan digunakan. (mrf/eny)

Tags :
Kategori :

Terkait