Pilwali Balikpapan; PKS Dukung Rahmad, Basir Dapat Suara Naspehando

Senin 22-06-2020,20:00 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

Peta politik Pilwali Balikpapan mulai mengerucut. Kendati belum terbuka semuanya. Ahmad Basir sudah mendapat dukungan dari Fraksi Naspehando plus PKB Balikpapan. Ada 10 kursi. Sementara Rahmad Mas’ud, tambah dukungan dari PKS. Kini tinggal pasangannya?.

-----------------------

AHMAD Basir terus menyungging senyum. Sejak tiba di posko pemenangannya Jalan Manunggal, Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan, Minggu (21/6) kemarin. Ia tiba pukul 12.30 Wita. Masih mengenakan kaus biru lengan panjang, menyapa para ketua partai yang sudah lebih dulu tiba.

Setelah menunaikan salat dan berganti baju, Basir bergabung. Tampak Ketua PPP Jumiati, Ketua Partai Hanura Syarifuddin Odang, Ketua PKB Mikael Adam, dan Ketua Perindo Donny Stevan Rempas serta Sekretaris NasDem Lauhil Machfudz menyambut.

Suasana di siang terik itu nampak cukup adem. Para politisi ini saling melempar senyum dan tawa satu sama lain. Minggu (21/6) siang itu memang disepakati sebagai hari mereka berkumpul. Menguatkan komitmen. Menegaskan dukungan lima partai itu pada Basir. Yang sudah lebih dulu tertuang dalam Surat Kesepakatan Bersama Koalisi Partai Untuk Balikpapan Makin Baik.

"Kalau mau disebut deklarasi juga tidak mengapa," ujar Basir, saat ditanya.

Basir diketahui baru kembali dari Jakarta. Untuk menemui pengurus pusat NasDem. Namun enggan membeber pertemuan itu. Apakah rekomendasi dari NasDem sudah dikantonginya? Ia enggan menjawab. "Saya percaya proses internal masing-masing partai itu berjalan," katanya.

Ahmad Basir (kemeja putih, peci hitam) bersama jajaran pengurus partai yang tergabung dalam Naspehando Balikpapan. Mereka menyatakan dukungan terhadap AHB.

Sejak awal, Basir memang tidak pernah mengklaim akan diusung partai tertentu. Terutama partainya sendiri. Ia cukup puas dengan restu para pimpinan NasDem, dan berhasil membentuk koalisi antar partai.

"Alhamdulillah, dari DPP sudah tidak ada masalah. Saya nggak perlu jelaskan lebih detail, karena kita tidak mau jumawa," ujarnya.

Jauh sebelumnya, berembus kabar YP Arita juga ikut maju mencalonkan diri. Kabar majunya istri Ketua DPD NasDem Balikpapan ini sempat ramai diperbincankan. Akan kepada siapa restu NasDem berlabuh. Menanggapi itu, Basir menyampaikan tidak pernah merasa ada benturan. "Kita sudah sepakat mengikuti semua proses politik. Ini memang sangat dinamis," ungkapnya.

Namun semua terjawab. Berdasarkan surat dukungan yang diterima Disway Kaltim, Ketua NasDem Balikpapan Rizal Effendi sudah menandatangani surat dukungan untuk Ahmad Basir. Bersama partai yang tergabung dalam Fraksi Naspehando (NasDem, PPP, Hanura dan Perindo) di DPRD Balikpapan. Plus dukungan dari PKB Balikpapan. Yang punya satu kursi di DPRD Balikpapan.

Dengan dukungan lima partai tersebut, Ahmad Basir sudah bisa maju menjadi bakal calon wali kota. Sudah punya 10 kursi legislatif. Lebih satu kursi sebagai syarat dukungan.  

DUKUNGAN LIMA PARTAI

Sekretaris Partai NasDem Balikpapan Lauhil Machfudz menyebut, Basir adalah figur kader NasDem yang pantas untuk maju dalam kontestasi Pilkada 2020. Selain itu AHB sudah mendapat restu dari pimpinan tingkat DPC, DPD hingga DPP. "Hari ini kita bersama partai pengusung mencari pemimpin terbaik bagi warga Balikpapan," ucapnya.

Senada disampaikan Ketua DPC PPP Jumiati. Ia mengatakan Balikpapan memerlukan percepatan pembangunan. Dan sosok Basir dianggap mampu mewakili masyarakat. "Insya Allah Partai Persatuan Pembangunan akan mengusung beliau," ungkapnya.

Tags :
Kategori :

Terkait