Dukungan PKB di Pilkada Kukar Mengerucut ke Satu Paslon

Minggu 21-06-2020,17:22 WIB
Reporter : bayong
Editor : bayong

Kukar, Diswaykaltim.com – Ketua Desk Pilkada Kukar dari Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kukar, Haidir Azran menegaskan, sejauh ini PKB belum merilis pasangan calon (paslon) yang akan diusung di Pilkada Kukar.

Ia menyebut, terdapat tiga orang bakal calon kepala daerah yang direkomendasikan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB: Edi Damansyah, Surpani, dan Awang Yacoub Luthman (AYL).

Menurut Haidir, masing-masing tokoh tersebut memiliki keunggulan tersendiri. Sehingga berpeluang untuk diusung dalam helatan demokrasi lima tahunan di tingkat daerah tersebut.

“Pak Edi Damansyah posisi beliau adalah petahana. Tentu menguasai medan, menguasai alur birokrasi, dan secara umum punya peluang lebih besar untuk menang,” sebut Haidir, Minggu (21/6/2020).

Sementara Surpani tercatat sebagai tokoh muda yang energik, mempunyai pengalaman di organisasi kepemudaan dan ormas, dan salah satu ketua partai di tingkat provinsi.

“Kalau Pak AYL itu tokoh akademis dan politik, punya pengalaman selaku ketua dan anggota DPRD beberapa periode, punya konsep pembangunan yang saya nilai jarang dimiliki oleh pihak lain, ramah, dan bersahaja,” jelasnya.

Secara etik, lanjut Haidir, dukungan PKB akan diberikan kepada bakal calon yang telah mendaftar di penjaringan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar tersebut.

“Yang diusung adalah paslon yang pasti melalui proses mendaftar di PKB. Kita tidak boleh mengusung calon yang tidak mengikuti proses pendaftaran di PKB,” tegasnya.

Kata Haidir, setiap kader PKB memiliki kecenderungan terhadap salah satu tokoh yang akan diusung di Pilkada Kukar. Namun secara formal, keputusan DPP mesti dihormati.

“Probabilitasnya sangat ditentukan oleh hasil fit and properties di DPP. Di tingkat DPC dan DPW, semua berkas pendaftaran calon sudah dianggap memenuhi syarat. Sudah disampaikan ke DPP,” bebernya.

Berdasarkan informasi yang diterima Haidir, dalam waktu dekat SK dari DPP untuk paslon yang akan diusung bakal diserahkan kepada paslon, DPC, dan DPW PKB Kaltim. Ia menyakini, DPP PKB sudah mengantongi satu paslon yang akan diusung di Pilkada Kukar.

“Info sementara, DPP PKB sudah mengeluarkan SK paslon yang diusung. Mudah-mudahan dalam beberapa hari ke depan sudah kami terima. Untuk ditindaklanjuti sebagaimana mestinya,” kata Haidir.

“Saya yakin beberapa pihak yang kompeten sudah tahu siapa paslon yang di-SK-kan. Selain beberapa personal DPP, bisa saja Ketua DPW dan DPC, dan paslon tertentu sudah mengetahui dan dikonfirmasi oleh DPP perihal isi SK tersebut,” jelasnya. (qn)

Tags :
Kategori :

Terkait