OPD Harus Cepat Respons

Kamis 16-04-2020,21:05 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

BUPATI Berau Muharram, mengikuti pertemuan secara online bersama BPK RI dalam tindak lanjut penyampaian laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2019.

TANJUNG REDEB, DISWAY – Pandemik Coronavirus Disease 2019 (COVID-19), membuat semua kegiatan pemerintahan terhambat, namuan itu tidak menghambat program maupun pekerjaan yang seharusnya dilakukan.

Rabu (15/4) kemarin, Pemerintah Kabupaten Berau mengikuti pertemuan secara online bersama jajaran Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) Perwakilan Provinsi Kalimantan Timur.

Pertemuan diikuti Bupati Berau Muharram dan Wakil Bupati Agus Tantomo, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) secara daring (dalam jaringan) di tempat masing masing.

Usai mengikuti pertemuan online, Bupati Muharram menjelaskan, pertemuan menindaklanjuti dari penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2019 yang telah diserahkan juga secara online di akhir Maret lalu.

Saat ini, tim BPK memulai tahapan pemeriksaan yang pada tahap awal akan dilakukan juga secara online. “Tadi adalah pertemuan awal dan BPK Ri perwakilan Kaltim, menjelaskan mekanisme yang akan diikuti dalam pelaksanaan pemeriksaan secara online ini,” jelasnya.

Masih mewabahnya COVID-19 dikatakan Muharram, menjadi pertimbangan pemeriksaan dilakukan secara online. Dalam lima hari kedepan akan dilakukan tahapan pemeriksaan, baik dokumen dokumen yang sudah ada pada Badan Pemeriksa Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) maupun fasilitator dari Inspektorat Kabupaten Berau. Konfirmasi dari dua OPD ini, ditegaskan Muharram, akan ditindaklanjuti oleh tim BPK dalam tahapan berikutnya. Sambil melihat perkembangan COVID-19 di Kalimantan Timur.

“Untuk itu saya berharap kepada OPD terkait, baik BPKAD maupun Inspektorat, dapat mengikuti setiap tahapan ini dengan baik, sehingga proses pemeriksaan dapat berjalan dengan baik dan lancar,” jelasnya.

Bupati Muharram berharap, data yang dibutuhkan dalam proses pemeriksaan ini, dapat disiapkan dengan sebaik-baiknya, apa yang dibutuhkan oleh para auditor. Termasuk dokumen yang memang harus dikirim untuk dapat dipersiapkan dengan baik, agar penilaian dapat diberikan sesuai dengan laporan yang telah dibuat dan disampaikan.

Begitu juga dengan inspektorat yang juga telah melakukan pemeriksaan secara internal untuk membantu memberikan penjelasan kepada tim auditor dari hasil pendampingan yang diberikan kepada setiap OPD.

“Dengan data yang diberikan dan ditambah penjelasan hasil pemeriksaan internal dari Inspektorat kita harapkan ini membantu tim dari BPK dalam melakukan penilaian dari laporan keuangan yang telah disampaikan,” tandasnya.

Kepada seluruh OPD dijajaran Pemkab Berau diharapkan Muharram, juga dapat segera merespons dengan cepat ketika dibutuhkan penjelasan dari tindak lanjut laporan keuangan yang telah disampaikan. Termasuk ketika diharuskan adanya penilaian lapangan yang dilakukan tim baik melalui teleconference maupun turun langsung ke lapangan untuk dapat mengikuti tahapan yang telah ditetapkan.

“Karena ini adalah pekerjaan rutin dan saya meminta seluruh OPD menindaklanjuti dengan baik,” pungkasnya. (HUMAS/APP)

Tags :
Kategori :

Terkait