Berau Coal Fokus Dukung APD Petugas Medis

Selasa 14-04-2020,22:54 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

PT Berau Coal Kembali memberikan dukungan berupa APD untuk tenaga medis di RSUD dr Abdul Rivai, Selasa (14/4). Tak hanya RSUD, dukungan serupa juga diberikan kepada Dinas Kesehatan Berau, yang nantinya juga didistribusikan untuk puskesmas-puskesmas.

Tanjung Redeb, Disway – Kerap tersiar isu tenaga kesehatan masih kekurangan dan membutuhkan Alat Pelindung Diri (APD). PT Berau Coal ikut berperan dalam mendukung tenaga kesehatan yang saat ini berjibaku melawan wabah Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Kali ini, bantuan diberikan untuk RSUD dr Abdul Rivai, RS Darurat COVID-19, Dinas Kesehatan, dan beberapa puskesmas.

Sekretaris Dinas Kesehatan Berau, Halijah Yasin mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan PT Berau Coal. Menurutnya, bantuan itu sangat membantu para tenaga kesehatan yang sedang bertugas saat ini.

Lanjutnya, nanti bantuan itu akan didistribusikan ke puskesmas dan RS Darurat. “Kami mengucapkan terima kasih kepada PT Berau Coal, dengan adanya bantuan ini sangat berpengaruh terhadap keselamatan dan kesehatan petugas kesehatan saat ini,” ujarnya.

Sementara itu, Humas RSUD dr Abdul Rivai, Erva Anggriana mengutarakan, bantuan ini sangat dibutuhkan di RSUD. “Memang kondisi APD kami kurang banyak, jadi dengan adanya bantuan ini, dipastikan akan sangat membantu,” tegasnya.

Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada PT Berau Coal. Karena, saat ini seluruh petugas kesehatan diharuskan menggunakan APD, minimal masker dan sarung tangan. “Kami sangat berterima kasih kepada PT Berau Coal. Dengan adanya bantuan ini, akan menjadikan kinerja petugas kesehatan di RSUD dr Abdul Rivai jauh lebih safety,” katanya.

Kepala Satgas RS Darurat, Jusram pun mengucapkan terima kasih atas bantuan masker yang diberikan oleh PT Berau Coal. Karena pihaknya saat ini tengah kekurangan masker. “Memang kami kekurangan masker, dengan adanya bantuan dari PT Berau Coal ini tentu menjadi semangat baru bagi kami dalam menjalankan tugas,” tegasnya.

Deputy Director Operations Support & Relation PT Berau Coal, Gatot Budi Kuncahyo mengatakan bahwa bantuan ini merupakan wujud kepedulian dari PT Berau Coal, terhadap petugas medis yang sedang berjibaku melawan COVID-19.

Saat ini, pihaknya memberikan bantuan berupa, Medical Coverall Suit 30 buah, masker N-95 (100 lembar), handscoon ginec 500 pasang, kacamata 44 buah, sepatu bot 52 pasang, head cap 1.000 lembar, alcohol 70 persen 50 liter, tempat limbah medis 120 liter (8 buah), face shield 20 buah, untuk RSUD dr Abdul Rivai.

“Setelah sebelumnya kita menyerahkan bantuan berupa face shield dan masker, kali ini kami kembali menyerahkan beberapa alat dan perlengkapan yang dibutuhkan oleh Dinas Kesehatan,

RSUD, dan puskesmas-puskesmas. Saat ini sedang pengadaan secara bertahap. Ini komitmen dan kontribusi PPM BC dalam penanggulangan COVID-19 di Berau,” jelasnya.

Sementara itu, alat semprot disinfektan elektrik (16 buah), alat semprot manual (9 buah), sepatu bot 25 pasang, masker medis 500 pcs, kacamata 40 buah.

Lanjutnya, hari yang sama memberikan bantuan ke beberapa puskesmas. Yakni, Puskesmas Gunung Tabur, Merancang, Sambaliung, Suaran, Teluk Bayur, Labanan, Tanjung Redeb, Kampung Bugis, dan Segah.

“Bantuan yang diberikan oleh Berau Coal berfokus kepada Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Rivai, Rumah Sakit Darurat, dan juga masyarakat seputar tambang melalui Puskesmas. Hal ini dilakukan agar distribusi bantuan bisa tepat sasaran dan langsung digunakan sesuai dengan kebutuhan, sehingga proses pencegahan dan penanggulangan COVID-19 ini bisa maksimal,” tuturnya.

Dikatakannya, ini merupakan program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) PT Berau Coal bidang kesehatan. Dan sebagai wujud partisipasi perusahaan dalam memutus rantai penyebaran COVID-19 di Bumi Batiwakkal.

Tags :
Kategori :

Terkait