Safaruddin: Siswadi Sudah Benar, Tapi Andi Harun Punya Peluang

Jumat 31-01-2020,16:11 WIB
Reporter : bayong
Editor : bayong

Safaruddin. (Twitter)

Samarinda, DiswayKaltim.com - Ketua DPD Partai Demokrasi Perjuangan (PDI-P) Kaltim Safaruddin menyebut langkah DPC PDIP Samarinda terhadap Andi Harun sudah benar. Namun peluang Andi dicalonkan masih ada.

Sebelumnya Ketua DPC PDIP  Samarinda Siswadi menyatakan tidak akan mengusung Andi Harun untuk maju berpasangan dengan Rusmadi Wongso. Sis menegaskan bahwa kedua pasangan itu tidak akan mendapat restu dan dukungan dari partai julukan moncong putih itu.

Menanggapi itu, Safaruddin mengakui tahu sikap DPC PDI-P Samarinda. Ia menyilakan. Karena sesuai dengan mekanisme partai. Yang punya otoritas menentukan kandidat yang akan diusung.

"Dari segi etika politik, itu DPC PDIP (Samarinda) betul, dia kan punya otoritas partai itu, untuk mengeluarkan itu, apalagi PDIP itu termasuk salah satu dari dua yng walaupun tidak bisa mengusung calon sendiri, tapi punya kursi paling banyak, dengan Gerindra," jelas Safaruddin, Jumat (31/1/2020).

PDI-P pun menurut Safar punya mekanisme sendiri. Menentukan siapa yang akan diusung.

"Oleh karena itu, mekanisme itu, harus ditaati oleh orang yang mendaftar ke PDIP. Atau minimal oleh orang yang akan digandeng oleh PDIP," tambahnya.

Disinggung apakah tidak akan mengusung lagi Andi Harun, katanya semua dikembalikan ke partai. Ia nenyebut politik itu dinamis.

"Kalau kemudian misalnya Andi Harun dan Rusmadi itu kemudian tidak diusung PDIP itu kewenangan partai. Apa lagi Rusmadi tidak mendaftar di PDIP, otomatis kan kansnya lebih kecil untuk diusung. Sedang yang mendaftar saja belum tentu untuk diusung," tandasnya.

Meski begitu, Safaruddin menampik bahwa kabar Andi harun tidak di usung PDI-P lagi. Ia secara tegas mengatakan Andi masih bisa diusung. Namun tidak berpasangan dengan Rusmadi.

"Ya politik itu biasa, saya kan pernah mengalami, kalau misalnya jauh hari sebelum pemilihan ada calon yang deklarasi, pasang baleho di mana-mana itu biasa, semua kembali lagi keputusan partai tingkat DPP yang akan menentukan.

Nah kalau sudah begitu orang yang sudah kampanye berpasangan belum tentu mutlak, dinamis politik itu bisa saja nanti pasangannya berganti," papar Safaruddin.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Andi Harun tetap berkesempatan di usung PDI-P tapi tidak dengan Rusmadi.

"Kalau Andi Harun tidak, dia masih bisa di usung PDI, nah tetapi ketentuan partai dari calon yang diusung pasangannya harus dengan kader PDI-P, kalau tidak yah tidak mungkin di usung." Pungkasnya (M1/boy)

Baca juga : PDIP Blacklist Andi Harun

Tags :
Kategori :

Terkait