Coastal Clean Up, Upaya Kideco Bersihkan Sampah di Pesisir Pondong Paser

Sabtu 26-10-2024,19:51 WIB
Reporter : Achmad Syamsir Awal
Editor : Baharunsyah

PASER, NOMORSATUKALTIM – Peduli terhadap kelestarian pesisir dan laut, PT Kideco Jaya Agung (Kideco) gelar aksi coastal clean up atau bersih-bersih di bilangan Desa Pondong Baru, Kecamatan Kuaro.

Bersih-bersih pesisir yang dilakukan bersama mitra kerja dan masyarakat setempat mengumpulkan sampah seberat 4,32 ton. Rinciannya 1,57 ton sampah organik dan 2,75 sampah anorganik.

Direktur Legal and Corporate Affairs PT Kideco Jaya Agung, Arif Kayanto mengatakan, kegiatan coastal clean up yang dilakukan agar menumbuhkan kesadaran semua pihak akan pentingnya lingkungan yang terbebas dari sampah.

BACA JUGA:Dukung Ketahanan Pangan, Pj Bupati PPU Tanam Jagung Perdana Bersama TNI Polri

BACA JUGA:Dewan Soroti Aktivitas Lalu-lalang Truk Batu Bara di Batu Sopang

"Dengan dilakukannya coastal clean up kami harapkan tak ada lagi yang tanpa sadar membuang sampah bukan pada tempatnya," kata Arif Kayanto, Sabtu (26/10/2024).

Pelbagai jenis sampah yang didapati saat dilakukan pembersihan. Antara lain kemasan berbahan plastik dan baju atau pakaian yang kemungkinan terbawa arus pantai.

Dirinya menuturkan, jika sampah didiamkan dan ditumpuk dalam waktu lama akan kelestarian pesisir dan mencederai generasi kedepannya.

"Adanya tumpukan sampah bisa jadu penghambat aliran air yang dapat menyebabkan terjadinya banjir, dan terutama dari sampah itu akan menimbulkan banyak kuman," jelasnya.

BACA JUGA:Ribuan Pelari dari Berbagai Daerah di Wilayah Selatan Kaltim Ramaikan Kideco Run, UMKM Paser Diuntungkan

BACA JUGA:Peduli Penyandang Disabilitas, Kideco Kembangkan Sekolah Inklusi

Perihal coastal clean up yang dilakukan Kideco katanya bukan kali pertama dilakukan, sebelumnya telah menyasar daerah kawasan pesisir Desa Pasir Mayang, Kecamatan Kuaro.

Kegiatan bersih-bersih akan terus dilakukan secara kontinyu, dan bakal menyasar wilayah lain di Kabupaten Paser.

"Pada dasarnya kami ingin mengajak masyarakat dan semua pihak untuk menumbuhkan kesadaran, semangat dan berinisiatif dalam pembersihan lingkungan, jika mendapati sampah dimanapun dapat diambil kemudian di buang ditempatnya," pinta Arif.

Di tempat yang sama, Camat Kuaro, Finandar Astaman menyebut jika wilayah pesisir itu juga dijadikan destinasi pilihan di Kabupaten Paser, yakni Kemilau Laut Pondong. Sehingga dengan bersihnya akan membuat masyarakat setempat ataupun wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan puas.

Kategori :