Dorong Pemanfaatan Lahan Tidur, Pemkab PPU Bakal Beri Bibit Gratis

Jumat 25-10-2024,19:16 WIB
Reporter : Achmad Syamsir Awal
Editor : Baharunsyah

PPU, NOMORSATUKALTIM – Guna mendorong pemanfaatan lahan tidur atau kosong, Dinas Pertanian PPU akan membagikan bibit tanaman produktif. Nantinya menyasar kelurahan hingga pelosok desa di Benuo Taka.

Namun sebelum itu benar-benar terwujud, Penjabat (Pj) Bupati PPU, Muhammad Zainal Arifin meminta dinas terkait untuk melakukan pemetaan lahan produktif, termasuk nantinya jenis komoditi perkebunan yang dapat diberikan bibit tanaman, sehingga membantu kesejahteraan masyarakat setempat.

"Bibit akan kami berikan secara gratis untuk seluruh kelurahan dan desa," ucap Muhammad Zainal Arifin.

Dengan pemberian bibit tanaman untuk pemanfaatan lahan kosong agar produktif, diharapkan Zainal menjadi pelecut kedepannya agar dapat membangun agrowisata di pelbagai tempat.

BACA JUGA:Urai Macet, PPU Terbuka untuk Adopsi Bacitra dari Balikpapan

BACA JUGA:Ayo Manfaatkan Uji KIR Gratis di PPU, Jangan Tunggu Program Berakhir!

"Melalui program itu, kita bisa membangun sentra-sentra agrowisata yang tidak hanya mendukung ketahanan pangan, tetapi juga mendukung sektor pariwisata di tengah perkembangan IKN (Ibu Kota Nusantara)," terangnya.

Sebelumnya, pemanfaatan lahan kosong agar bermanfaat telah dilakukan oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten PPU.

Yakni penanaman jagung perdana di Desa Gunung Mulia, Kecamatan Babulu, pada Rabu (23/10/2024). Hal itu, dalam upaya pemanfaatan lahan produktif untuk mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

BACA JUGA:1.421 Pemilih Pemula di PPU Belum Rekam e-KTP, Disdukcapil Keliling Sekolah

Zainal yang juga pejabat di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyebut dengan pemanfaatan lahan tidur sangat penting dilakukan pemanfaatan, ia bilang pentingnya optimalisasi area yang masih kosong agar dapat termanfaatkan untuk pemenuhan perekonomian sehari-hari warga.

"Ini merupakan inisiasi kerjasama antara Pemkab PPU, TNI, dan Polri untuk memanfaatkan lahan produktif. Salah satu upayanya adalah menanam tanaman produktif yang akan mendukung ketahanan pangan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Zainal juga menegaskan bahwa program ini sejalan dengan instruksi Presiden RI dan berbagai pemimpin nasional lainnya, termasuk Menteri Pertanian, Kapolri, dan Panglima TNI.

Diharapkannya, melalui program penanaman jagung dan pemanfaatan lahan produktif di Kabupaten PPU dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah serta mewujudkan kesejahteraan yang berkelanjutan.

BACA JUGA:DPMD PPU Evaluasi Pelaksanaan dan Penyaluran Dana Desa

"Tidak boleh ada lahan yang terbengkalai atau dibiarkan sebagai lahan tidur. Semua harus dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat," ucapnya.

Kategori :