Pimpin Upacara HSN 2024 di PPU, Zainal Sebut Santri Bisa Jadi Pengusaha hingga Presiden

Selasa 22-10-2024,13:04 WIB
Reporter : Achmad Syamsir Awal
Editor : Tri Romadhani


Banner 2, Pemkab PPU-Reza-nomorsatukaltim.disway.id

 

PENAJAM PASER UTARA, NOMORSATUKALTIM - Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU), Muhammad Zainal Arifin memimpin upacara Hari Santri Nasional (HSN) 2024, di Halaman Kantor Bupati, Kecamatan Penajam, Selasa (22/10/2024).

Upacara diikuti ribuan santri dari berbagai pondok pesantren yang terdapat di Kabupaten PPU.

Peringatan HSN 2024 mengusung tema "Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan".

Tema itu punya arti sebuah penegasan bahwa santri masa kini memiliki tugas untuk meneruskan perjuangan para pendahulu yang telah berjuang tanpa kenal lelah demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa.

Begitupun dengan makna menyambung juang, kata Zainal bukan hanya berarti mengenang, tetapi juga beraksi dengan semangat yang sama dalam menghadapi tantangan zaman modern.

BACA JUGA : Pelaku UMKM PPU Dipandu Jualan Via Live Streaming

Zainal berpesan santri harus percaya diri karena dapat menjadi apa saja.

Seperti Presiden telah ada contohnya yakni KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, begitupun Wakil Presiden berlatar belakang santri yaitu KH Ma'ruf Amin.

"Santri bisa jadi apa saja yang tertuang dalam sambutan (Menteri Agama, Nasaruddin Umar) artinya tagline itu harus menjadi motivasi kita semua," kata Zainal, diwawancarai usai upacara.

Selain telah terdapat contoh presiden dan wakil presiden yang juga banyak menteri, pengusaha, dan birokrat berlatar belakang santri.

Katanya, semua dapat diwujudkan asalkan terus berusaha, berjuang dan tak pantang menyerah.

BACA JUGA : Jadwal SKD CPNS di PPU Dimulai, Catat Jadwalnya

"Semua pasti bisa diraih, seperti pepatah yang diajarkan di pesantren, Man jadda wajada, barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil," sebutnya.

Kategori :