KPU Samarinda Gelar Konsolidasi Daerah Hadapi Pilkada 2024, Targetkan Partisipasi Pemilih 78 Persen

Senin 14-10-2024,21:10 WIB
Reporter : Salsabila
Editor : Baharunsyah

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Samarinda mengadakan konsolidasi daerah sebagai bentuk persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, yang berlangsung di GOR Universitas 17 Agustus. KPU Samarinda pun menargetkan partisipasi pemilih mencapai 78 persen.

Kegiatan tersebut melibatkan seluruh anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS), Camat dan Lurah, serta Ketua RT se-Kota Samarinda.

“Melalui konsolidasi ini, guna memperkuat peran semua pihak dalam menyukseskan penyelenggara Pilkada dengan prestisius,” kata Firman Hidayat selaku Ketua KPU Samarinda, pada Minggu (13/10/2024) malam.

BACA JUGA:KPU Samarinda Terima 2.422 Kotak Surat Suara Untuk Pilkada 2024

BACA JUGA:Setiap Paslon Wajib Melaporkan Dana Operasional Kampanye ke KPU

Melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, Firman menyebutnya sebagai upaya mengedukasi masyarakat terkait pentingnya berpartisipasi dalam pemilihan.

“Kinerja kita sebelumnya menunjukkan angka partisipasi yang sangat rendah yaitu hanya 55 persen dan ini harus diperbaiki,” imbuhnya.

Ia juga menyampaikan, dalam kontestasi Pemilihan Wali (Pilwali) Samarinda hanya memiliki satu pasangan calon. Kendati demikian, pihak penyelenggara pemilihan tetap berupaya masif dalam melakukan sosialisasi. Agar mendongkrak partisipasi pemilih.

BACA JUGA:Para Petarung Pilkada 2024 Sudah Mulai Kampanye di Ruang Terbuka, Ini Syarat-Syarat yang Harus Diperhatikan

BACA JUGA:KPU Samarinda Tak Turunkan Target, Meski Hanya Ada 1 Calon di Pilkada 2024

“Partisipasi masyarakat sangat menentukan kesuksesan Pilkada. Maka itu, kami terus berupaya agar masyarakat tidak apatis dan mau menggunakan hak suaranya,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama pula, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Samarinda, Rusmadi Wongso menekankan, Pilkada merupakan momentum strategis dalam tata kelola pemerintahan dan pencapaian visi Indonesia Emas 2045.

“Lewat partisipasi aktif masyarakat Samarinda dapat mencapai tujuan besar yang diharapkan. Yakni dengan mewujudkan Indonesia Emas. Sebab tak ada pilihan bagi kita selain bersinergis bersama menyukseskan Pilkada,” urainya.

Adapun kegiatan tersebut juga turut dimeriahkan oleh penampilan penyanyi kenamaan tanah air, Donnie Sibarani. Kemudian Aulia, perempuan kelahiran Pontianak yang menjadi pemenang ketiga kontes D'Academy 4.  

Kategori :