Jusuf Kalla: PMI Harus Lebih Dekat dengan Masyarakat

Senin 07-10-2024,15:00 WIB
Reporter : Salsabila
Editor : Hariadi

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM –  Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat, Jusuf Kalla, menegaskan pentingnya kedekatan PMI dengan masyarakat dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan. 

Hal ini disampaikan Jusuf Kalla saat melantik Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Kaltim Masa Bakti 2024-2029 di Ruang Ruhui Rahayu, Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada, Samarinda, pada Senin (7/10/2024).

Sebagai organisasi kemanusiaan, PMI memiliki tanggung jawab untuk selalu siap siaga membantu masyarakat saat menghadapi bencana atau kesulitan lainnya. 

Jusuf Kalla menegaskan, pengurus PMI harus semakin dekat dengan masyarakat untuk memastikan bahwa bantuan kemanusiaan bisa diberikan dengan cepat dan efektif.

BACA JUGA: Obesitas Mengancam Kesehatan Ibu Selama Masa Kehamilan

BACA JUGA: Waspada Mikroplastik Kini Ditemukan di Kosmetik

"Itulah yang menjadi tugas dari pada pengurus yang baru," ujar Jusuf Kalla saat diwawancarai langsung.

Sebagai calon Ibu Kota Nusantara (IKN), ia menegaskan, pengurus PMI di daerah Kaltim juga harus mulai lebih giat dalam menjaga kelestarian lingkungan. 

"Apabila terjadi bencana, kelanjutan untuk melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan dan lingkungan seperti itu harus dikedepankan," tegasnya. 

Ia pun menekankan, pengurus PMI di Benua Etam juga harus turut serta mendorong upaya-upaya perdamaian.

BACA JUGA: Menhub akan Lakukan Uji Coba Pendaratan dengan Pesawat yang Lebih Besar di Bandara IKN

BACA JUGA: Tiga Sektor Ini Jadi Pehatian Pemkab Berau untuk Dikembangkan Selain Pertambangan

"Harapannya terkait ibu kota itu, semoga itu dapat berfungsi walaupun membutuhkan waktu yang lama sebenarnya," ucap Jusuf Kalla dihadapan awak media.

Pelantikan Pengurus PMI Kaltim 2024-2029

Pelantikan Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Provinsi Kaltim dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Ahmed Reza Fahlevi.

Reza Fahlevi mengapresiasi peran PMI dan menyoroti 7 prinsip tugas yang harus dijalankan pengurus PMI, termasuk kemitraan dan kesatuan. 

Kategori :