Lomba Perahu Panjang Diharapkan Tarik Wisatawan Luar

Selasa 17-09-2024,21:49 WIB
Reporter : Sahruddin
Editor : Baharunsyah

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Gelaran lomba perahu panjang, sekaligus rangkaian Hari Jadi ke-71 Kabupaten Berau dan ke-214 Kota Tanjung Redeb, ditutup oleh Wakil Bupati Berau, Gamalis, di Tepian Jalan Ahmad Yani, Selasa (17/9/2024).

Wakil Bupati Berau, Gamalis memberikan apresiasi kepada segenap panitia pelaksana, peserta dan seluruh masyarakat yang telah menyemarakkan lomba perahu panjang. Ia berharap, lomba perahu panjang dapat menguatkan ikatan persaudaraan sesama masyarakat Berau.

Menurutnya, lomba perahu panjang merupakan sebuah tontonan yang menarik sekaligus dapat meningkatkan perputaran roda ekonomi, khususnya pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan menjadi ajang silaturahmi bagi masyarakat.

BACA JUGA:Lestarikan Makanan Khas, Pemkab Berau Gelar Festival Jajanan Kue Tradisional

BACA JUGA:Baturunan Parau Tradisi Banua yang Harus Dijaga

"Saya sangat berbahagia lomba perahu panjang dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat dan Insyaallah menjadi keberkahan untuk kita semua," bebernya.

Gamalis mengatakan, ajang perahu panjang sudah menjadi sebuah adat dan tradisi bagi masyarakat Berau. Untuk itu, dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk terus menjaga kebersamaan dan kebersihan sungai Segah dan Sungai Kelay.

"Karena sungai kita sebagai salah satu kekayaan bagi warga Kabupaten Berau," jelasnya.

Dirinya juga mendorong peran serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau, Kelompok Pengelola Wisata, pelaku wisata, dan seluruh masyarakat untuk bersatu merawat kekayaan adat dan budaya Berau agar terus lestari dan bermanfaat bagi generasi yang akan datang.

BACA JUGA:Dinas Perikanan Berau Siapkan 406 Tenda dan 3,7 Ton Ikan untuk Manutung Jukut

"Saya berharap di tahun-tahun yang akan datang, lomba perahu panjang dapat terlaksana dengan lebih meriah lagi dan mengundang perhatian masyarakat dari 13 kecamatan," tuturnya.

Dirinya yakin, lomba perahu panjang akan menjadi kekayaan bagi masyarakat serta menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Berau. Kedepan, pihaknya akan melakukan evaluasi agar perhelatan perahu panjang dapat terlaksana lebih aktif dan baik lagi.

"Mudah mudahan menjadi daya tarik bagi saudara kita yang ada di luar Berau," ucapnya.

BACA JUGA:Gamalis Ingatkan ASN Hati-Hati Gunakan Anggaran

"Mari kita kembangkan seluruh potensi Kabupaten Berau. Kita niatkan membangun Berau yang sejahtera, Insyaallah Berau akan bergerak ke arah yang lebih baik," pungkasnya.

Tags :
Kategori :

Terkait