Ini Dia Daftar Bapaslon Pilkada Mahulu 2024

Selasa 27-08-2024,19:40 WIB
Reporter : Teodorus Usman Wanto
Editor : Baharunsyah

MAHULU, NOMORSATUKALTIM - Kontestasi Pilkada Mahulu 2024 bakal diikuti tiga bakal pasangan calon (Bapaslon). Masing-masing Bapaslon telah memenuhi syarat 20 persen untuk mendaftar di KPU sebagai peserta Pilkada.

Adapun tiga Bapaslon yang bakal mendaftar sebagai peserta Pilkada Mahulu 2024 yakni: pasangan Yohanes Avun dan Yohanes Juan Jenau (AVUN-JUAN). Pasangan ini diusung oleh dua partai politik (Parpol) yakni, Partai Golkar dan PDIP.

Partai Golkar sendiri memiliki tiga kursi di DPRD Mahulu. Sedangkan PDIP memiliki dua kursi.  Sehingga total kursi yang diperoleh pasangan AVUN-JUAN sebanyak lima kursi, dan tentunya telah memenuhi syarat minimal 20 persen untuk mendaftar di KPU.

BACA JUGA:Owena Mayang-Stanislaus Disebut Didukung Tiga Partai

BACA JUGA:Bonifasius Sebut Ada Oknum Pimpinan Daerah Gunakan Politik Pecah Belah di Pilkada 2024

“Kami dua akan satu paket, Pak Juan Jenau yang jadi wakilnya,” ungkap Bakal calon Bupati Mahulu, Yohanes Avun kepada Nomorsatukaltim.

Kemudian pasangan Novita Bulan dan Artya Fathra Marthin (PRIMA). Pasangan yang memiliki hastag PRIMA (Peduli, Mandiri, dan Mengabdi) ini diusung oleh Partai Gerindra dengan perolehan delapan kursi di DPRD Mahulu.

Pasangan PRIMA tentunya tak perlu lagi berkoalisi dengan Parpol lain, karena sudah pasti memenuhi syarat minimal 20 persen untuk mendaftar di KPU sebagai peserta Pilkada. Kepastian dukungan Partai Gerindra kepada Bulan-Fathra juga dibenarkan oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Gerindra Kaltim, Ekti Imanuel.

“Sudah dapat SK, aman itu sudah fiks,” ucap Ekti Imanuel saat dikonfirmasi Nomorsatukaltim.

BACA JUGA:Martina Wau Harap Peringatan HUT ke-79 RI Membawa Dampak Perubahan bagi Mahulu

Ketiga, pasangan Owena Mayang Shari Belawan dan Stanislaus Liah. Pasangan yang memiliki hastag MANIS (Mayang-Stanis) ini diusung oleh tiga Parpol yakni, Partai Demokrat, PKB dan PAN dengan total akumulasi kursi sebanyak tujuh kursi di DPRD Mahulu.

Dengan demikian, pasangan ini juga telah memenuhi syarat minimal 20 persen untuk mendaftar sebagai peserta Pilkada.

“Sekarang partai yang sudah mengusung paket MANIS ada tiga yakni, Partai Demokrat 2 kursi, PKB 2 kursi dan PAN 3 kursi. Jadi total ada tujuh kursi di DPRD, semuanya sudah dapat SK,” ungkap ketua tim pemenangan paket MANIS, Hendrikus Keling kepada nomorsatukaltim.

Jika dilihat dari perolehan jumlah kursi di DPRD, pasangan yang memiliki perolehan kursi terbanyak di DPRD yakni pasangan paket PRIMA dengan total 8 kursi.

BACA JUGA:Pimpin DPRD Mahulu Sementara, Devung Paran Bakal Fokus Penyusunan Ketua Fraksi dan AKD

Kategori :