Jumlah TPS di Samarinda Turun Jadi 1.201 Unit

Senin 19-08-2024,21:18 WIB
Reporter : Mayang
Editor : Baharunsyah

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM – Jumlah Tempat Pemilihan Suara (TPS) di Samarinda sebanyak 1.201, turun dibandingkan Pemilu sebelumnya. Hal itu disampaikan Komisioner KPU Samarinda Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Samarinda, Akbar Ciptanto.

Lebih lanjut disampaikan Akbar, dari 59 kelurahan dan kecamatan di Samarinda, ada sekitar 1.201 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tercatat.

Akbar mengungkap terdapat penambahan TPS saat pemetaan daerah, hal ini disebabkan adanya kondisi masyarakat yang bukan terdaftar pemilih sesuai domisili E-KTP dan tinggal bermukim di wilayah lain dalam jangka waktu yang lama.

BACA JUGA:Polresta Balikpapan Siapkan Pengamanan Khusus Pilkada 2024, Sesuaikan Personel di TPS

Penambahan TPS ini terdiri dari TPS Rguler dan TPS Lokasi Khusus. Akbar menuturkan, TPS Reguler ini adalah hasil pencocokan dan penelitian (Coklit) lapangan yang diterima dari data Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Ada 1.195 Tps reguler, dan ada penambahan sebanyak 6 TPS lokasi khusus di lapangan," bebernya.

Adapun TPS Lokasi Khusus ialah Rumah tahanan atau lembaga permasyarakatan, Panti sosial atau panti rehabilitasi, Relokasi bencana, Daerah konflik, dan Lokasi lainnya.

BACA JUGA:KPU Samarinda Tetapkan 613.202 DPS Pilkada 2024, Imbau Warga Segera Cek Data Diri

"Pemilih tersebut terkonsentrasi di suatu tempat, dan Jumlah pemilih dapat dibentuk paling sedikit satu TPS," tambahnya.

TPS Lokasi Khusus sendiri dibuat untuk memfasilitasi pemilih agar dapat menggunakan hak pilihnya dalam pilkada nanti.

Jumlah TPS pada Pemilu 2024 di Samarinda sendiri turun dari sebelumnya 2.564 unit, menjadi 1.201.

Sebelumnya, Jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kaltim secara keseluruhan dipastikan menurun. Hal itu dikonfirmasi langsung Komisioner KPU Kaltim Divisi Perencanaan Program, Data & Informasi KPU Kaltim, Iffa Rosita. Katanya jumlah TPS di kaltim akan menjadi 6.229 dari 11.441 TPS pada saat Pileg dan Pilpres, Februari lalu.

BACA JUGA:Daftar Pemilih Tetap Samarinda Naik Jadi 613.202 Orang

“Kami sudah melakukan pemetaan, yang nanti akan jadi bekal kawan-kawan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (pantarlih) untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit),” ucapnya saat dihubungi, pada Senin 17 Juni 2024.

Kategori :