Dispora Gelar Pelatihan untuk Pemuda Kukar, Ajak Terlibat dalam Bertani Kopi

Kamis 18-04-2024,23:18 WIB
Editor : Iqbal A.


--

KUKAR, NOMORSATUKALTIM- Sebagai langkah nyata dalam memajukan sektor pertanian, Dinas Pemuda dan Olahraga Kutai Kartanegara (Dispora Kukar) mengadakan pelatihan khusus yang ditujukan untuk para pemuda.

Generasi muda dianggap menjadi penopang penting untuk merevolusi pandangan masyarakat terhadap pertanian modern.

Program pelatihan ini menampilkan kelas barista sebagai salah satu program unggulan, yang dimaksudkan untuk menarik minat pemuda dan menunjukkan bahwa pertanian dapat menjadi lahan bisnis yang menguntungkan.

“Kami berharap pemuda dapat melihat pertanian tidak hanya sebagai kegiatan tradisional, tetapi juga sebagai kesempatan untuk berwirausaha,” terang Kepala Dispora Kukar, Aji Ali Husni.

Menurut Aji Ali Husni, pelatihan ini dirancang untuk menumbuhkan potensi pertanian modern di wilayah Kutai Kartanegara dan mendorong pemuda untuk terlibat lebih dalam di sektor pertanian. Terutama dalam budidaya kopi.

“Pelatihan ini diharapkan dapat menginspirasi pemuda untuk tidak hanya menjadi petani, tetapi juga pengusaha yang mengerti cara memasarkan produk pertanian,” tambah Aji Ali Husni.

Aji Ali Husni juga menegaskan bahwa pelatihan ini tidak hanya terfokus pada kopi. Dispora Kukar juga akan memberikan contoh sukses dari Jonggon dan Long Anai yang telah berhasil dalam mengelola kebun cokelat atau kakao.

“Kami ingin pemuda memiliki kemampuan tidak hanya dalam membuat kopi yang baik, tetapi juga dalam mengelola dan memanfaatkan potensi pertanian yang ada,” jelasnya.

Meski dihadapkan pada tantangan yang kompleks, Aji Ali Husni menyatakan optimisme Dispora Kukar dalam menarik minat pemuda untuk bergabung dalam sektor pertanian ini.

“Kami sadar banyak tugas yang harus kami kerjakan, namun kami yakin dengan pendekatan yang fokus dan pembinaan yang konsisten, kami dapat mendorong mereka untuk terlibat,” imbuhnya. (*)

Kategori :