Dinilai Ganggu Keindahan Kota, DLH Balikpapan Bongkar TPS Pinggir Jalan

Selasa 23-01-2024,14:30 WIB
Reporter : Suhardi
Editor : Tri Romadhani

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan,  mencatat tahun 2023 sedikitnya ada 40 tempat penampungan sementara (TPS) yang dibongkar. Hal ini dilakukan karena posisinya berada di pinggir jalan utama.

Kepala DLH Balikpapan, Sudirman Djayaleksana menyebut, TPS yang dibongkar itu dianggap mengganggu keindahan kota dan kondisinya juga memang tak layak.

Menurutnya, Balikpapan sebagai penyangga IKN, menjadikannya sebagai mitra yang sering dikunjungi tamu dan pejabat dari luar kota.

Dengan demikian, perlu penataan agar akses yang dilewati pejabat luar daerah tersebut tetap menampilkan keindahan kota Balikpapan.

"Makanya sejak 2022 kita coba dan merevisi ulang penempatan TPS -TPS dipinggir jalan itu," kata Sudirman, Selasa (23/1/2024).

"Alhamdulillah di tahun 2023 kita sudah menyelesaikan pembongkaran atau memindahkan TPS yang ada di pinggir jalan sebanyak 40 TPS. Kita pindahan ke pemukiman masyarakat dengan mengganti kontainer," sebutnya.

Meski telah memindahkan 40 TPS tahun 2023 lalu. Sudirman mengaku tetap memiliki kendala lain. 

Ia menyebut, kesulitan mendekatkan lokasi TPS ke pemukiman warga. Hal ini lantaran jarak antar warga dengan kelurahan belum berada di posisi yang strategis.

"Karena keterbatasan lokasi ini, warga mencari atau membuang sampah ke  kontainer terdekat sebagai tempat pengganti TPS yang dibongkar," tandasnya.

Kategori :