Bupati Berau Upayakan Penambahan Maskapai di Bandara Maratua

Senin 27-11-2023,06:00 WIB
Reporter : Rizal Mahodtra
Editor : Tri Romadhani

Tanjung Redeb, NOMORSATUKALTIM - Bandar Udara (Bandara) Maratua sempat didarati pesawat jenis ATR milik Wings Air. Namun kini, hanya tersisa satu maskapai, yakni Susi Air dengan rute dari Kalimarau ke Maratua.

"Jumlahnya yang terbatas, tentu menjadi kendala bagi wisatawan untuk berkunjung ke Maratua melalui jalur udara," kata Bupati Sri Juniarsih di sela-sela menghadiri Maratua Jazz dan Dive Festival (MJDF) di Pulau Maratua, Jumat (24/11/2023) malam.

Karena itu, Bupati Sri Juniarsih menyatakan maskapai yang melayani rute penerbangan ke Maratua harus ditambah. Agar semakin memudahkan wisatawan berkunjung ke Maratua.

Dirinya akan mengupayakan maskapai Citilink dengan pesawat ATR bisa membuka rute ke pulau yang memiliki keindahan bawah laut itu.

Dengan demikian, wisatawan semakin banyak pilihan transportasi untuk berlibur ke Maratua. Apalagi ketika gelombang tinggi, kata Bupati Sri Juniarsih, maka transportasi udara bisa menjadi pilihan.

"Tidak hanya dari Bandara Kalimarau saja, tapi rute dari Samarinda juga bisa langsung terbang ke Maratua," ujarnya.

Namun, untuk merealisasikan itu, diakui Bupati butuh waktu. Tapi, dirinya sudah berkoordinasi dengan pihak Bandara Kalimarau.

"Yang jelas, akan jadi prioritas untuk pengembangan wisata dan memudahkan wisatawan domestik atau mancanegara yang ingin ke Maratua," tuturnya.

Bupati juga menegaskan, rencana tersebut bukan berarti untuk mematikan usaha travel atau speedboat masyarakat Maratua dan sekitarnya. Wacana tersebut, murni untuk mendukung sarana transportasi wisatawan ke Maratua, terutama ketika gelombang tinggi, serta mempersingkat jarak tempuh.

"Ini bukan untuk membunuh usaha travel masyarakat. Tidak seperti itu. Speedboat masyarakat tetap akan diberdayakan. Terutama ketika ada explore wisata ke spot-spot wisata lainnya di Maratua ataupun Kepulauan Derawan," ujar Bupati.

Menurutnya, dengan kunjungan yang terus meningkat, tentu akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi masyarakat Maratua. Terutama peningkatan pada UMKM hingga keterisian penginapan dan resort yang ada di Maratua.

"Untuk itu, sarana dan prasarana terus akan kami tingkatkan. Supaya memicu kunjungan wisatawan berkunjung ke Maratua," ujarnya. 

Kategori :