Festival Topeng Nusantara Digelar di Taman Kota Raja Tenggarong

Jumat 10-11-2023,21:01 WIB


--

Kukar, NOMORSATUKALTIM- Untuk kali pertamanya, Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Festival Topeng Nusantara di Taman Kota Raja, Tenggarong (10/11/2023).

Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan dan apresiasi terhadap kegiatan masyarakat yang sejalan dengan visi dan misi Pembangunan.

Festival Topeng Nusantara ini terselenggara berkat kerja sama dengan Solo International Performing Arts (SIPA). Tema yang diusung adalah Mystical Mask of Nusantara.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar Slamet Hadiraharjo yang membacakan sambutan Bupati Kukar, mengatakan Festival Topeng Nusantara ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan hiburan kepada masyarakat tentang seni topeng tradisional.

“Kami ingin masyarakat tertarik untuk mempelajari dan melestarikan seni budaya topeng tradisional Kalimantan, khususnya Kutai dan Dayak,” kata Slamet.

Festival ini menampilkan berbagai tarian topeng dari Nusantara, terutama dari Kutai. 

“Tarian topeng dari Kutai merupakan tarian yang jarang ditampilkan, sehingga belum terkenal, seperti tari jepen atau lainnya,” ujar Slamet.

Bupati Edi juga berharap festival ini dapat menjaga dan melestarikan adat istiadat Kesultanan Kutai Kertanegara Ing Martadipura, yang merupakan identitas dan keunikan bangsa Indonesia.

“Mari kita pelihara budaya kita agar tetap menjadi kebanggaan generasi mendatang,” imbuhnya. (*/adv/kominfokukar_23)

 

Kategori :