Tenggarong Seberang Siap Jadi Lumbung Pangan dengan Pertanian Terintegrasi

Kamis 02-11-2023,16:35 WIB


--

Kukar, NOMORSATUKALTIM - Tenggarong Seberang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang memiliki lahan pertanian luas dan potensial. 

Namun, lahan tersebut belum termanfaatkan secara optimal karena terkendala ketersediaan air dan gangguan tambang batu bara.

Untuk mengatasi kendala tersebut, Pemkab Kukar bersama dengan Bappeda Kukar dan akademisi UGM sedang mengembangkan konsep pertanian terintegrasi di lima desa di Tenggarong Seberang. 

Konsep ini menggabungkan sektor pertanian, peternakan, perikanan, dan kehutanan dalam satu lahan yang saling mendukung dan melengkapi.

Lima desa yang menjadi lokus pertanian terintegrasi ini adalah Desa Bukit Pariaman, Desa Karang Tunggal, Desa Sumber Rejo, Desa Sumber Makmur, dan Desa Sumber Jaya.

Camat Tenggarong Seberang, Tego Yuwono, mengatakan bahwa konsep ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas lahan, konservasi lingkungan, dan kesejahteraan masyarakat.

“Kami harus mencari titik air yang menjadi kelemahan kami. Jika kami bisa menemukan spot-spot air, kami bisa mengembalikan swasembada pangan di Tenggarong Seberang,” kata Tego, Kamis (2/11/2023).

Tego juga mengatakan bahwa konsep pertanian terintegrasi ini merupakan upaya Pemkab Kukar untuk mengembalikan kejayaan Tenggarong Seberang sebagai lumbung pangan bagi Kukar. 

Ia juga mengapresiasi dukungan dari Bupati Kukar Edi Damansyah, yang telah memberikan berbagai bantuan untuk kelompok tani di Tenggarong Seberang.

“Kami berharap bisa berkolaborasi dengan sektor lain, seperti jalan usaha tani dan infrastruktur menuju sawah. Kami juga sudah menyediakan peralatan, pupuk dan saprodi untuk mendukung pertanian terintegrasi ini,” ujarnya. (*/adv/kominfokukar_23)

 

Kategori :