BMKG Deteksi 69 Titik Panas di Kaltim

Senin 02-10-2023,09:38 WIB
Reporter : Suhardi
Editor : Rudi Agung

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIMBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Balikpapan mendeteksi 69 titik panas di Kaltim. BMKG mengimbau pihak terkait diharapkan melakukan mitigasi dan masyarakat diajak saling menjaga.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I SMAS Sepinggan BMKG Stasiun Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, memaparkan, sebanyak 69 titik panas terpantau sejak Sabtu mulai pukul 01.00 hingga 17.00 Wita.

Diyan mengingatkan, titik panas menajdi indikator kebakaran hutan atau lahan yang terdeteksi dari suatu lokasi. Yang suhunya relatif tinggi dibanding dengan suhu di sekitarnya.

Ia mengajak seluruh lapisan masyarakat saling menjaga dan waspada, seperti tidak membuang puntung rokok sembarangan. Termasuk tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan agar tidak terjadi kebakaran, terutama karhutla.

Diyan merinci, sebanyak 69 titik panas itu tersebar di enam kabupaten di Kaltim dan telah diinformasikan pihak terkait. Termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah tingkat provinsi dan kabupaten.

“Enam kabupaten itu, Kabupaten Paser ada 28 titik, Penajam Paser Utara 3, Kutai Barat 6, Kutai Timur 11, Kutai Kartanegara 20, dan Kabupaten Berau terdeteksi 1 titik panas,” ujarnya.

Di Kabupaten Kutai Barat terpantau 6 titik, yang tersebar di dua kecamatan yakni Kecamatan Bongan 3 dan Siluq Ngurai 3, keenamnya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Di Kukar yang terdeteksi 20 titik panas, tersebar di enam kabupaten yakni Samboja 12, Muara Kaman 4, kemudian Sebulu, Muara Jawa, Loa Janan, dan Marangkayu masing-masing 1 titik yang semuanya juga memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Adapun di Kutai Timur yang terpantau 11 titik panas, tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Rantau Pulung 2 titik, Muara Ancalong 7 titik.

Berikutnya Bengalon dan Muara Bengkal masing-masing 1 titik yang semuanya juga memiliki tingkat kepercayaan menengah. (*)

Kategori :