Akhir Agustus Ini 27 RLH di Kutim Mulai Bisa Ditempati Penerima Manfaat

Kamis 24-08-2023,19:14 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Kutim, nomorsatukaltim.com - Sebanyak 27 Rumah Layak Huni (RLH) program Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur berkolaborasi dengan Kodam Mulawarman tengah dibangun di Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Ketua Badan Pengelolaan RLH Kaltim, Muhammad Taufik Fauzi mengatakan, pembangunan RLH ini pembiayaanya bersumber dari dana corporate social responsibility (CSR) perusahaan dan unit usaha yang beroperasi di wilayah Kaltim. Targetnya sebanyak 3.000 unit RLH yang dibangun di seluruh wilayah Kaltim.

“Untuk tahun 2022 PT Kaltim Prima Coal (KPC) menyalurkan sebanyak 20 unit RLH yang tersebar di berbagai kecamatan. Di antaranya Sangatta Utara, Muara Wahau, Telen serta Sangatta Selatan,” kata Taufik.

Taufik menyebut dalam pembangunan RLH ini terbagi menjadi dua tipe, yakni 36 dan 45 itu. Pengerjaannya, kata dia, tetap memprioritaskan kenyamanan bagi penghuninya. Dapat dilihat dari kontruksi, hingga pengaturan sirkulasi udara maupun cahaya di setiap rumah yang akan dibangun.

“Termasuk pembangunan septi tank dan penyediaan penampungan air (tendon) di setiap rumah sebagai daya dukungnya. Tentu ini agar masyarakat lebih nyaman dan sehat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk realisasi pembangunan RLH di tahun 2023, baru mencapai 48 persen atau 248 unit RLH. Jumlah itu dari target yang ingin dicapai tahun 2023, yakni sebesar 508 unit RLH.

Selain itu, beberapa perusahaan serta unit usaha yang beroperasi di Kutim, katanya, juga sudah menunjukan komitmen untuk mendukung program tersebut.

“Bank Syariah Indonesia sebanyak 3 unit, PT Ganda Alam Makmur 50 unit yang terbagi menjadi dua tahap masing-masing 25 unit, PT Indexim 10 unit, termasuk dari PT Kaltim Prima Coal (KPC) akan menambah sebanyak 20 unit RLH”.

Komandan Distrik Militer (Kodim) 0909 KTM Letkol Inf Adi Swastika mengatakan, dari 27 unit RLH yang dibangun tahun ini, ada dua unit yang sudah selesai pengerjaanya. Sementara sisanya sudah mencapai 80 persen.

Ia menargetkan di akhir Agustus ini, pengerjaan RLH sudah bisa dihuni oleh para penerima manfaat.

Sementara itu, GM ESD PT KPC Wawan Setiawan memberikan apresiasi kepada Gubernur Kaltim Isran Noor, yang secara konsisten menjalankan program RHL.

Diketahui program andalan Isran Noor itu sudah dilakukan semenjak menjabat sebagai Bupati Kutim pada periode 2014-2019 lalu.

“Kami (PT KPC) akan merealisasikan lagi sebanyak 20 unit RLH di tahun 2023 ini,” ujarnya. (*/adv/kutim23_kominfo)

Tags :
Kategori :

Terkait