Siswa Kutim Masuk 6 Besar Lomba Pelajar Pelopor Keselamatan Lalulintas Angkutan Jalan

Rabu 09-08-2023,19:50 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Kutim, nomorsatukaltim.com – Siswa asal Kutai Timur, Ariiq Maulana Afriyansyah, menyabet juara harapan ketiga lomba pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalulintas Angkutan Jalan (LLAJ) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam ajang tahunan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang kali ini digelar di Kota Samarinda, siswa SMAN 2 Sangatta Utara itu masuk dalam jajaran enam besar dari 26 peserta perwakilan dari 10 kabupaten-kota di Kaltim.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kutim Joko Suripto melalui Kepala Seksi Keselamatan Awang Adi Juni Astara cukup puas dengan hasil yang diraih.

Menurutnya, mereka sudah berjuang cukup keras dalam ajang yang mengambil tema "Safety Transport For Indonesia's Future" ini.

“Alhamdulillah meskipun tidak sesuai target (lolos ke tingkat nasional) tapi kami tetap bersyukur. Karena kerja keras mereka ternyata mampu mendapatkan apresiasi,” ujarnya, Rabu (9/8/2023).

Awang Adi menyebut Dishub akan melakukan evaluasi mulai dari proses pemilihan yang akan melibatkan lebih banyak sekolah yang ada di Kutim.

Selain untuk mengampayekan pentingnya keselamatan berlalulintas, sekaligus memberikan kesempatan bagi para siswa-siswi lainnya. Yang ingin mengikuti kegiatan yang bertujuan menanamkan kesadaran berlalu lintas khususnya di kalangan generasi muda dan masyarakat pada umumnya. 

“Kalau tidak ada aral melintang, Insyah Allah mulai tahun depan kita memprogramkan road show ke kecamatan-kecamatan, untuk mengampayekan pentingnya keselamatan lalulintas khususnya bagi kalangan pelajar,” ungkapnya.

Sementara itu, Ariiq Maulana Afriyansyah mengaku cukup bangga, karena sudah bisa menjadi salah satu perwakilan Kabupaten Kutim untuk mengikuti ajang yang menurutnya banyak memberikan pelajaran dan pengalaman itu.

Adapun torehan prestasi yang ia peroleh pada ajang kali ini, merupakan hasil dari upaya kerja keras dirinya bersama guru dan tim pendamping dari Dishub Kutim.

“Persaingan cukup ketat, perwakilan dari masing-masing kabupaten-kota juga menampilkan inovasi yang bikin dewan juri kebingungan karena memang bagus-bagus,” ujarnya.

Dalam ajang kali ini, siswa kelas 12 ini menampilkan karya tulis dengan judul “Upaya Meningkatkan Kesadaran Keslamatan Transportasi Bagi Pelajar di Kutai Timur”.

Sedangkan untuk Best Practice (inovasi) Ariiq membuat website yang berisikan tentang informasi yang berkaitan dengan keselamatan LLAJ.

Untuk menambah daya tarik dalam website dengan alamat pelajarpedulilalulintas ini Ariiq menambahkan sebuah game yang diberi nama Edulantas. (*/adv/kutim23_kominfo)

Tags :
Kategori :

Terkait