Peluang Besar, Dispar Gelar Pelatihan Barista Kopi

Senin 07-08-2023,19:06 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Kutim, nomorsatukaltim.com – Dinas Pariwisata Kutim turut mengembangkan potensi barista kopi dengan menggelar pelatihan, di D’Lounge Hotel Royal Victoria, mulai 7-9 Agustus 2023.

Pelatihan ini pun menarik minat 75 peserta yang berasal dari komunitas pengusaha parekraf, pengusaha kopi hingga penggiat parekraf di Kutim.

Kegiatan dibuka langsung Kepala Dispar Kutim Nurullah didampingi Kabid Pengembangan Sumber Daya Parekraf Dian Anggraeni beserta narasumber Dosen Pariwisata Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) I Wayan Nalang Nala dan Sabalius Uhai, dan satu narasumber tamu yang berkompeten di industri kopi, yaitu Tauhid Hira.

Kepala Dispar Kutim Nurullah menyebutkan alasan melaksanakan pelatihan ini. Yakni karena barista atau kopi saat ini menjadi tren yang sangat digandrungi. Baik di kalangan anak muda maupun di orang tua.

“Dan ini semua merupakan peluang bagi bagi pelaku parekraf khususnya sub sektor kuliner sub sektor ekraf,” papar Nurullah.

la pun berharap untuk para peserta pelatihan bisa mengikuti kegiatan ini secara baik dan seksama. Sehingga ketika pulang nanti dengan membawa hasil yang berguna bagi diri sendiri, Kutim, dan untuk para pelaku parekraf pada khususnya.

“Jadi profesi barista ke depan akan sangat menjanjikan, khususnya setelah penetapan Kaltim sebagai ibu kota baru Indonesia. Bagaimana pun Kutim sebagai penyangga IKN, kelak kebutuhan kuliner pasti akan meningkat, termasuk para penikmat kopi. Sebab itu, profesi barista sekarang dan nanti akan semakin menjanjikan,” tegasnya.

Sementara itu, I Wayan Nalang Nala membeberkan terkait bagaimana mengenal kompetensi barista dan memahami pelanggan.

Dilanjutkan dengan Sabalius Uhai mengenalkan bagaimana teknik pengolahan kopi serta Tauhid Hira soal pengelolaan manajemen perkopian.

Dalam sesi pelatihan ini, peserta juga dilatih tentang meracik kopi lewat dua metode. Ada yang dari mesin kopi hingga manual brewing.

Untuk mesin kopi, peserta berlatih membuat cofee latte, espresso hingga cappucino. Sementara untuk manual brewing, menyeduh kopi dengan salah satu teknik, yaitu V60. (*/adv/kutim23_kominfo)

Tags :
Kategori :

Terkait