Dukungan untuk Disabilitas, Siswa SDN 012 Karang Rejo Nobar Film Tegar

Sabtu 05-08-2023,18:44 WIB
Reporter : Rudi Agung
Editor : Rudi Agung

Nomorsatukaltim.com - Sekolah Dasar Negeri 012 Kelurahan Karang Rejo Balikpapan Tengah, mengikuti kegiatan nonton bareng atau nobar di bioskop Balikpapan Plaza, Sabtu (5/8)2023). Film yang disajikan bertajuk TEGAR, karya seni yang mendukung kaum disabilitas.

Didampingi para guru dan orang tua murid, ratusan siswa SDN 012 itu mendapat jadwal nonton bioskop berjudul TEGAR. Sebuah Film inspirasi berdurasi 1.32 menit dari rumah produksi Angkasa Bumi Langit, milik produser Candra Sembiring.

Salah satu Guru SDN 012, Tasriadi mengungkapkan, kegiatan nonton film TEGAR sebagai program dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Balikpapan. Ceritanya tentang kehidupan seorang anak disabilitas.

Menurutnya, film yang disutradarai Anggi Frisca ini penuh inspirasi. Terutama untuk pelajar.

"Film ini inspirasi bagi kaum difabel, sebagaimana kita ketahui bersama film seperti ini jarang tampil di cinema Indonesia," kata Tasriadi.

Guru Kelas VI ini berharap, film TEGAR tak hanya dijadikan inspirasi semata. Lebih dari itu, film tersebut dapat mengunggah hati anak-anak murid untuk menanamkan kepedulian, dan terpenting menghindari praktek bullying di sekolah.

"Diharapkan bisa menginpirasi, khususnya anak-anak pelajar yang ada di indonesia. Dan stop bullying," ucapnya.

Film TEGAR telah mendapat penghargaan dari Menteri Sosial, Tri Rismaharini.

Karena film ini dianggap mengedukasi, dan menjadi bentuk dukungan bagi penyandang disabilitas.

Harapannya, dapat mengangkat isu bagi penyandang disabilitas. Sekaligus melibatkan semua pihak dalam penanganan disabilitas.

"Memberikan kesempatan yang sama bagi penyandang disabilitas untuk aktif dan berpartisipasi dalam kehidupan sehari-hari tanpa hambatan," kata Menteri Sosial, Tri Rismaharini dalam suratnya.

Karena berisi edukasi dan inspirasi, kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, merekomendasikan seluruh sekolah di Tanah Air untuk menontonnya di bioskop. (*/ Adhi)

Reporter: Adhi Suhardi

Tags :
Kategori :

Terkait