Buku Foto Pesona Wisata Kutim Jadi Pemandu Wisatawan

Senin 26-06-2023,20:11 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Kutim, nomorsatukaltim.com – Pemkab Kutai Timur merangkum pariwisata dalam buku foto Pesona Wisata Kutim. Buku yang diluncurkan Dinas Pariwisata Kutai Timur ini berisikan 254 halaman.

Buku foto ini berisi titik-titik lokasi objek wisata Kutim beserta penjelasannya yang ada di 17 kecamatan mulai dari Teluk Pandan, Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Rantau Pulung, Bengalon, Kaubun, Kaliorang, Sangkulirang, Karangan, Sandaran, Muara Wahau, Kongbeng, Busang, Muara Ancalong, Muara Bengkal, Long Mesangat, Telen minus Kecamatan Batu Ampar.

"Dalam buku foto ini, intinya Dispar ingin mendata secara detail apa-apa saja objek wisata di Kutim secara lengkap untuk bisa menarik wisatawan berkunjung ke Kutim," kata Kabid Pengembangan Ekraf Dispar Kutim Ahmad Rifani.

Mantan Kasi Objek Wisata Dispar Kutim itu menambahkan Dispar ingin mempunyai sebuah karya masterpiece yakni sebuah buku foto wisata.

"Karena saya pikir apabila hanya pendataan saja tanpa adanya wujud produk rasanya kurang maksimal. Jadi ada ide untuk membuat buku foto wisata karena lebih menarik dan bisa dinikmati secara visual oleh orang banyak," bebernya.

Ahmad Rifani menjelaskan, di dalam buku foto ini turut dijelaskan peta wisata yang ada di Kutim. Sampai jarak tempuh ke titik lokasi wisata serta jasa transportasi apa yang bisa digunakan.

"Nah data dari buku foto ini tentunya ke depan rasanya sangat diperlukan oleh wisatawan yang ingin mengeksplor alam Kutim apalagi buku foto ini dicetak dengan dua bahasa yakni Indonesia dan Inggris," tegasnya.

Kemudian, sebanyak 230 objek foto terangkum dalam buku foto ini yang diambil melalui tangkapan kamera digital hingga drone.

Hingga kini buku ini pun seringkali dibawa dalam event pameran dan kegiatan lainnya. Bahkan sebagian kajian dari referensi penelitian.

"Kami harap buku ini menjadi pedoman bagi para wisatawan yang nantinya ingin mendapatkan informasi wisata di Tanah Tuah Bumi Untung Banua," tutupnya (*/adv/kutim23_kominfo)

Tags :
Kategori :

Terkait