Asal Muasal Aset Pemerintah Daerah Banyak Diklaim Warga

Rabu 14-06-2023,22:14 WIB
Reporter : Achmad Syamsir Awal
Editor : Achmad Syamsir Awal

Paser, Nomorsatukaltim.com - Ketua Komisi I DPRD Paser, Hendrawan Putra menyebut banyak aset pemerintah daerah yang belum diarsipkan.

Hal ini dinilai menjadi asal muasal banyaknya aset pemerintah daerah yang diklaim warga sebab belum memiliki arsip. Dikatakannya kondisi ini juga bakal menghambat percepatan pembangunan daerah.

"Banyak aset daerah belum diarsipkan, aset kita diklaim orang karena belum punya arsip. Padahal sudah lama dibebaskan. Ada gugatan, tapi tak bisa menunjukkan arsip, akibat pengelolaan kearsipan yang kurang maksimal," kata Hendrawan Putra, Rabu (14/3/2023).

Ia menyebut arsip sangatlah penting dan sangat mempengaruhi percepatan pembangunan daerah. Hendrawan mendorong perlu pengelolaan yang tepat, efisien, efektif, dan sistematis.

"Kita wajib memahami bagaimana penyelenggaraan kegiatan pengelolaan sebuah arsip yang baik dan benar. Serta perlu penyamaan persepsi antara semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah)," sebutnya.

Menurutnya harus ada upaya-upaya yang berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas dalam mengelola arsip lingkungan Pemkab Paser. Terutama peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang mengelola arsip.

"Evaluasi, perbaikan, dan peningkatan pengelolaan arsip perlu dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan. Agar tidak ada lagi aset yang belum diarsipkan," tandasnya. (adv)

Reporter: Achmad Syamsir Awal

Tags :
Kategori :

Terkait