Pemkot Balikpapan Gelar Antigen Gratis selama Nataru

Senin 20-12-2021,20:42 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Balikpapan, nomorsatukaltim.com - Dinas Kesehatan (Diskes) Balikpapan meningkatkan pelayanannya terhadap kebutuhan antigen. Di mana menjelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022, Diskes akan memberi fasilitas gratis tes antigen, yang berlaku hingga Januari 2022, atau pasca Nataru.

Kepala Diskes Balikpapan Andi Sri Juliarty menyebut, langkah ini sebagai bentuk kepeduIian Pemkot Balikpapan terhadap kebutuhan skrining pendatang baru.

Selain itu juga untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat sampai di lingkungan RT, apabila ada pendatang yang tidak bisa menunjukkan bukti vaksin atau bukti kesehatan melalui dokumen negatif Polymerase Chain Reaction (PCR) atau antigen. "Kami sediakan fasilitas antigen secara gratis di Puskesmas hingga Januari, atau setiap kali pasca libur panjang," ujarnya, Sabtu 18 Desember 2021.

Ia menyebut, para pendatang yang belum mendapat vaksin, bisa segera diarahkan untuk segera vaksin melalui fasilitas yang sudah disediakan. "Walaupun tidak ber-KTP Balikpapan kita tetap melayani," ungkapnya.

Dokter Dio, sapaanya, juga memprediksi adanya peningkatan mobilitas penduduk yang semakin meningkat jelang libur Nataru. 

Adapun peningkatan mobilitas orang yang akan datang, diprediksi dari warga luar daerah yang memanfaatkan waktu cuti dan merayakan Natal di Kota Beriman. Sebagian mobilitas lainnya bisa jadi dipengaruhi jadwal pergantian crew para pekerja di Balikpapan, pada akhir tahun.

Ia menilai, peningkatan jumlah penduduk setelah libur panjang, lumrah terjadi di Kota Beriman. Sehingga, Diskes merasa perlu menyiapkan langkah antisipasi sejak jauh hari.

"Untuk penerbangan sudah diskrining karena (syarat terbang) harus PCR atau antigen, namun yang perjalanan darat bisa jadi skriningnya agak longgar, karena itu kita menggunakan sistem pertahanan (antigen gratis) di tingkat RT," imbuhnya. RYN/AVA

Tags :
Kategori :

Terkait