Tingkatkan Ekonomi dan Kreativitas melalui Program Inovasi Desa

Kamis 31-10-2019,22:52 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

Wabup Kutim Kasmidi Bulang didampingi Kadis DPMD Kutim Suwandi (kanan), beserta pejabat kecamatan dan desa, saat melihat kreativitas kerajinan tangan warga.

Sangatta, DiswayKaltim.com – Banyak program yang terus dituntaskan Bupati Kutai Timur H Ir Ismunandar, MT bersama Wabup Kutim H Kasmidi Bulang ST.MM.

Utamanya dalam memacu berbagai terobosan geliat perekonomian desa.  Melalui berbagai keterampilan dan usaha kemandirian baik melalui Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Salah satunya di Kecamatan Kongbeng. Menjadi kecamatan yang sekian kalinya melaksanakan kegiatan inovasi desa yang nantinya diharapkan dapat memunculkan ide-ide kreatif dan inovatif.

Kegiatan yang dihadiri Wakil Bupati H. Kasmidi Bulang,ST.MM, didampingi Kadis DPMD Kutim Suwandi, anggota DPRD, FKPD dan OPD dilaksanakan di Gedung BPU Desa Makmur Jaya Kecamatan Kongbeng, Selasa( 29/10/2019) lalu.

“Kepala desa di kecamatan Kongbeng dapat mengembangkan desanya menjadi inovatif dengan ditunjang dana dan fasilitas yang ada," kata Camat Kongbeng Furkani.

Untuk diketahui, program yang sudah berjalan 3 tahun awalnya hanya dilaksanakan per titik dan per zona. Sejak tahun 2019 diwajibkan dilaksanakan di seluruh kecamatan.

Di sela sambutannya, Wakil Bupati Kasmidi Bulang berharap kepala desa bisa membuat program yang tepat agar tidak lepas dari kebutuhan prioritas masyarakat. Karena dana desa (DD) dan ADD yang menggerakkan perekonomian di desa.

"Ada baiknya melibatkan seluruh perangkat atau stakeholder yang ada agar dapat menunjang program yang akan dilaksanakan,” terang Kasmidi. (oke/adv)

Tags :
Kategori :

Terkait