PPU Bakal Punya Tol, Udah Tahu Belum?

Kamis 28-10-2021,19:32 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Tol Balsam hampir dipastikan bukan menjadi jalan bebas hambatan satu-satunya di Kaltim. Seiring proyek pemindahan IKN ke Benua Etam, nantinya bakal dibangun jalan tol yang menghubungkan PPU dengan kawasan inti ibu kota baru.

Reporter: Nur Robbi Syai’an

Editor: Ahmad A. Arifin

Proyek itu diklaim sudah dekat. Sudah dalam tahap perencanaan yang ada di saku Pemerintah Pusat. Setidaknya ada 3 proyek mengenai jalan tol yang bakal ada di wilayah ini. Semuanya berkaitan dengan Ibu Kota Negara (IKN) baru.

Garis besar judul semua proyek ini ialah akses pendekat ke IKN. Yang pertama adalah akses dari Bandara SAMS Sepinggan ke lokasi IKN baru. Yang perkiraannya ada di salah satu kecamatan di bagian utara PPU, Sepaku.

Kedua, adalah jalan tol yang menghubungkan dua, atau bahkan 3 provinsi. Yaitu Kaltim, Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng). Dan yang terakhir ialah Jembatan Tol Balikpapan-PPU.

Ketua DPRD PPU Jhon Kenedi menyebutkan semua proyek jalan tol itu masuk dalam program IKN (jika terwujud). Karena, pusat sebuah negara jelas memerlukan akses yang mempermudah menuju dan dari.

"Ya perlu pembangunan jalan tol. Bukan hanya di wilayah PPU saja. Tapi ke semua daerah juga dibangun, agar terhubung," ujarnya, Senin, (25/10).

Bak dua sisi koin, setiap adanya pembangunan pasti ada dampak positif dan negatifnya. Yang positif tentu saja mempermudah akses. Selanjutnya, sudah jelas akan banyak keuntungan secara ekonomi.

Kalau dari sisi negatifnya, diperkirakan masih mirip-mirip dengan yang banyak terjadi di banyak tempat. Yang ada pembangunan serupa. Juga soal sektor ekonomi. Yaitu, para pelaku usaha yang ada di sekitaran jalan umum akan kekurangan pembeli. Akibat peralihan penggunaan jalan.

"Tapi kalau mau ditimbang, akan banyak positifnya ketimbang negatifnya," tegas Jhon.

Ketua Komisi II DPRD PPU, Wakidi juga senada. Meski judulnya untuk IKN baru, ia menyebutkan adanya rencana itu akan membawa percepatan pembangunan di Benuo Taka.

"Saya sangat mengapresiasi rencana tersebut. Karena akan mempercepat transportasi barang dan jasa ke IKN. Tentunya daerah kita akan jadi ikutan," ujarnya.

Maka itu, ia sangat berharap apa yang sudah direncanakan ini bisa segera berjalan. Mulus tanpa hambatan.

Bukan Wacana

SOAL terbangunnya jalan-jalan tol tadi memang bukan hanya wacana. Itu semua sudah menjadi rencana yang disusun Pemerintah Pusat. Ketua DPRD PPU Jhon Kenedi memastikan hal itu.

Tags :
Kategori :

Terkait