Operasi Zebra Mahakam 2019, Sehari Digelar Tiga Kali

Kamis 24-10-2019,12:30 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Para pengendara terjaring Operasi Zebra Mahakam 2019 di Balikpapan. (Andri/DiswayKaltim)

Balikpapan, Diswaykaltim.com - Operasi Zebra Mahakam tahun 2019 telah dimulai sejak Rabu (23/10/2019). Operasi ini digelar tiga kali sehari. Dengan tempat dan waktu berbeda.

Targetnya, pengendara di bawah umur, penggunaan helm SNI. Surat-surat kendaraan, melawan arus, dan sabuk pengaman.

Khusus di Balikpapan, sejumlah titik lokasi razia yang sering dilakukan telah diketahui masyarakat.

Bahkan sejak hari pertama Operasi Zebra Mahakam, beredar pesan berantai tentang jadwal dan lokasi razia.

Saat dikonfirmasi, Kasat Lantas Polres Balikpapan AKP Anak Agung Alit membantahnya. Ia berujar informasi yang beredar itu bukan dari pihak kepolisian.

"Dapat dari mana itu? Kita tidak pernah membuat dan mengeluarkan hal seperti itu," ujarnya Kepada Diswaykaltim.com, Kamis (24/10/2019).

Menurut Agung beredarnya pesan berantai tentang jadwal pelaksanaan Operasi Zebra Mahakam 2019, tidak berpengaruh. Terhadap jalannya operasi yang tengah dilakukan saat ini.

"Kami rasa tidak ya, karena operasi sudah kami rencanakan," jelasnya.

Dalam pelaksanaan Operasi Zebra Mahakam 2019, penentuan lokasi dan jamnya tidak sesuai yang tertera pada jadwal pesan berantai tersebut.

Sebab, polisi melakukan operasi secara situasional. "Situasional aja mas, yang penting pengendara lengkap dan taat peraturan berlalulintas. Pasti aman di jalan," ujarnya. Kepolisian juga menggunakan sistem hunting.

Operasi Zebra Mahakam 2019 dilaksanakan selama 14 hari terhitung sejak tanggal 23 Oktober hingga 5 November 2019.

Dalam sehari, kepolisian lalu lintas melakukannya di tiga lokasi dan waktu berbeda. Pagi, siang dan sore. Namun untuk jam pelaksanaan tidak bisa diperhitungkan.

Biasanya dalam sekali pelaksanaan Operasi Zebra Mahakam, terdapat 23 personel yang dipimpin Kanit Turjawali.

Pada pelaksanaan operasi hari pertama kemarin, ada sekitar 150 pelanggar yang ditindak.

"Yang terjaring hari pertama 150, jenis pelanggaran ditilang semua. Pelanggarannya beragam," jelas Kasat Lantas Polres Balikpapan.

Operasi Zebra Mahakam 2019 ditargetkan mengalami peningkatan penilangan. Pada tahun 2018 terdapat 140 tilang dan tahun 2019 ini 150 tilang.

Terkait pesan berantai jadwal pelaksanaan razia. Redaksi juga menerima pesan tersebut, lengkap dengan tempat dan waktu. Berikut pesannya:

Razia di Balikpapan:

- halaman sport center balikpapan baru. - halaman spbg rapak. - halaman kantor samsat pembantu kilo 1. - halaman samsat markoni. - halaman samsat batakan. - simpang 3 BC (depan andalas). - kilo 13 (jalan tol). - depan halaman rumdin walikota. - depan giant kebun sayur. - persimpangan depan tugu adipura. - jalur di belakang mal fantasi. - halaman polres Balikpapan.

Waktu jam operasional: jam 09:00 - 11:00 wita. jam 15:00 - 17:00 wita. jam 21:00 - 23:00 wita.

(k/bom/rap)

Tags :
Kategori :

Terkait