Tak Semua Pelanggan di Paser Menikmati Diskon dan Penambahan Kuota Listrik

Selasa 03-08-2021,09:00 WIB
Reporter : admin12_diskal
Editor : admin12_diskal

PASER, nomorsatukaltim.com – Semula, potongan tarif listrik hanya berlaku hingga September 2021. Terbaru, diskon listrik diperpanjang sampai Desember. Stimulus berupa diskon itu sebagai bentuk bantuan sosial kepada masyarakat pada masa pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Hal itu tentu menjadi kabar baik, salah satunya masyarakat Kabupaten Paser. Dari data Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Tanah Grogot, memiliki puluhan ribu pelanggan, mulai 450 Volt Ampere (VA) hingga 1.300 VA. 

“Sekira ada 54 ribu pelanggan. Di antaranya mulai kategori rumah warga, nonsubsidi, perusahaan, dan prabayar, ” kata Kepala ULP PLN Tanah Grogot, Ariyanto, Senin (2/8/2021).

Namun diskon tarif listrik itu tak diperuntukkan bagi seluruh pelanggan, melainkan hanya sebagian dengan beberapa kategori tertentu. Sekadar diketahui, ULP PLN Tanah Grogot hanya membawahi pelanggan dari tujuh kecamatan.

Yakni Kecamatan Tanah Grogot, Pasir Belengkong, Batu Engau, Batu Sopang, Muara Samu, Muara Komam dan Kecamatan Tanjung Harapan. Sedangkan tiga kecamatan lain, seperti Long Kali, Long Ikis maupun Kuaro berada diranah PLN ULP Long Ikis. 

“Kalau 450 VA sebanyak 5.193 pelanggan. Untuk 900 VA ada 5.063 pelanggan. Itu pelanggan yang ada di tanah ULP PLN Tanah Grogot," sambungnya.

Dikatakan Ariyanto, penerima diskon tarif itu tak mengalami perubahan data dengan diskon yang telah berjalan. Dari masing-masing daya listrik diberikan besaran tarif potongan berbeda-beda, mulai diskon tarif bayar sebesar 25 persen hingga 50 persen. 

“Untuk 450 VA diberikan diskon sebesar 50 persen. Sedangkan 900 VA itu khusus yang subsidi sebesar 25 persen,” jelas Ariyanto.

Bagi pelanggan prabayar juga tak perlu khawatir, karena juga diberikan bonus atau penambahan kuota 25 persen setiap bulan.

"Kalau voucher untuk kuota tambahan, dilihat dari pemakaian rata-rata yang dikalkulasikan setiap bulannya. Ya satu bulan terakhir pemakaiannya berapa, itulah nanti ditambah tokennya 25 persen," pungkasnya. (asa/zul)

Tags :
Kategori :

Terkait