Didaftarkan ke Gerindra, Rahmad: Saya dan Golkar Tak Pernah Kirim Utusan

Jumat 11-10-2019,22:16 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Ahmad Mallolongan, kemeja kotak. Mendaftarkan Rahmad Mas'ud ke Gerindra.  Bermodal surat kuasa yang diteken Rahmad di atas materai.  (Ariyansah/ DiswayKaltim).

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Rahmad Mas'ud menegaskan tak pernah mengirim utusan. Untuk mendaftarkan dirinya ke Partai Gerindra. Sebagai bacalon kepala daerah Balikpapan.

"Saya pribadi maupun lembaga, saya sebagai ketua partai, dan atas nama partai tidak ada mengirimkan orang untuk mengambil formulir," jelas Ketua DPD Partai Golkar Balikpapan Rahmad Mas'ud, ditemui di depan Masjid Agung At-Taqwa Balikpapan usai Shalat Jumat, (11/10/2019).

Namun Rahmad mengakui surat kuasa yang dibawa Ahmad Mallolongan. Ia juga membenarkan telah bertanda tangan dalam surat kuasa itu.

"Tapi kalau dari saya dan Golkar belum ada menginstruksikan mendaftar ke partai lain. Memang tanda tangan, tapi bukan untuk mengambil ke Gerindra. Ya mungkin dasar (surat kuasa) itu digunakan terburu-buru," elak Rahmad.

Surat kuasa itu, oleh Rahmad, diberikan bukan untuk mendaftar ke Partai Gerindra, sebagai bacalon kepala daerah. Melainkan disiapkan untuk melakukan komunikasi politik ke partai-partai. Bukan untuk mendaftar ke partai manapun.

Meski, dalam redaksi surat kuasa itu tertulis: "Untuk melaksanakan pengambilan formulir pendaftaran pada Partai sebagai tahapan pencalonan Kepala dan Wakil Kepala Daerah Kota Balikpapan".

Bagi Rahmad, apa yang dilakukan Ahmad Mallolongan sebuah kewajaran. Sebagai ikatan keluarga. Tapi atas nama kepartaian, Rahmad tak membenarkan.

"Tapi saya menghargai iktikad baik keluarga. Tapi itu (mendaftar ke Gerindra) belum ada konfirmasi ke saya. Itu (surat kuasa) berlaku surut. Surat kuasa itu dipergunakan bukan untuk saat ini. Dipersiapkannya untuk kedepan. Itu (mendaftar ke Gerindra) mungkin inisiatif keluarga," ujarnya.

Ahmad Mallolongan ketika dimintai keterangan terkait dirinya yang mendaftarkan Rahmad ke Gerindra, memilih bungkam.

"Oh, nanti. Nanti, saya lagi di bandara," katanya saat dikonfirmasi DiswayKaltim.com, Jumat (11/10/2019) pagi. Ketika siang harinya dikonfirmasi ulang, telepon genggamnya tidak diangkat.

Ahmad Mallolongan adalah mantan Caleg Golkar di Pileg 2019. Ia maju dari dapil Balikpapan Utara, nomor urut 2. Ahmad dikenal sebagai orang dekat Rahmad Mas'ud.

Ketika diberi surat kuasa, ia bersama seorang keluarga Rahmad lainnya. Datang mendaftarkan Rahmad Mas'ud ke Gerindra.

Menanggapi pendaftaran ini, Ketua DPC Partai Gerindra Balikpapan Muhammad Taqwa menanggapi santai.

"Partai Gerindra telah membuka pendaftaran, penjaringan. Siapapun yang datang ke rumah kami, selayaknya kami memuliakan tamu. Siapapun secara personal datang itu kita layani," kata Taqwa, yang juga ketua Fraksi Gerindra DPRD Balikpapan.

Apalagi, Ahmad Mallolongan datang mendaftarkan Rahmad Mas'ud ke partainya.  Dengan membawa surat kuasa.

"Orang yang datang itu dapat mandat. Persoalan internal partai itu bukan urusan kami. Bukan ranah kami menyikapi. Yang jelas kami buka pendaftaran, siapapun yang datang kami akan terima," kata Taqwa.

Seperti diberitakan, Rahmad Mas'ud didaftarkan Ahmad Mallolongan ke Partai Gerindra sebagai bacalon kepala daerah Balikpapan.

Pendaftaran dengan mengambil formulir itu, tanpa dihadiri Rahmad. Ahmad Mallolongan hanya datang membawa surat kuasa yang ditandatangani Rahmad. (sah/rap)

Tags :
Kategori :

Terkait