13 Instansi Hadir di Mal Pelayanan Publik

Selasa 09-02-2021,15:09 WIB
Reporter : Y Samuel Laurens
Editor : Y Samuel Laurens

Balikpapan, Nomorsatukaltim.com – Sedikitnya 13 instansi hadir di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berlokasi di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT) Kota Balikpapan.

Kehadiran MPP tersebut diluncurkan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi bersama Kepala DPMPT Elvin Junaidi, Senin (9/2) kemarin.

Elvin menyebut bahwa dalam mal pelayanan publik tersebut terdapat 13 pelayanan publik. Baik pusat, daerah, BUMN, BUMD, dan swasta telah memiliki loket masing-masing. Di antaranya, pelayanan perekaman e-KTP Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, pelayanan kartu kuning Dinas Ketenagakerjaan, SIM Polresta Balikpapan, Pelayanan Perpajakan, Kantor Pos, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, Bankaltimtara dan lainnya. Mal Pelayanan Publik merupakan generasi ketiga di dalam pelayanan publik. Pasalnya, generasi pertama adalah pelayanan terpadu satu atau (UP2T) atau Sintap pada 2002-2007. Disusul generasi kedua yaitu pelayanan terpadu satu pintu, di mana waktu itu dimulai dengan BPID. Hingga sekarang DPMPT. "Kita tingkatkan menjadi Mal Pelayanan Publik. Di soft launching ini juga, kita uji coba, apa kelebihan dan kekurangan. Sehingga saat grand launching, kita bisa lakukan perbaikan," ucap Elvin, usai acara. Kehadiran MPP tersebut, menurutnya, juga memecah keramaian di pusat kantor layanan. Apabila di MPP juga ramai, pihaknya juga akan menerapkan sistem antrean secara online. “Karena kondisinya masih pandemi. Kita terapkan sistem online dalam antrean apabila padat pelayanan,” sebutnya. Ditargetkan pada saat grand launching akan ada 25 instansi yang akan bergabung dalam MPP. “Harapannya dapat memudahkan masyarakat dalam pengurusan administrasi maupun perizinan,” ujarnya. Dalam kesempatan tersebut, Kepala BP Jamsostek Balikpapan Ramadan Sayo mengungkapkan, kehadiran layanan publik di DPMPT ini akan memudahkan perusahaan dalam pengurusan kepesertaan. “Apabila ada perusahaan yang mengurus perizinan bisa juga langsung ketenagakerjaannya. Tidak perlu lagi ke kantor, jadi satu titik,” imbuh Ramadan Sayo. (fey/eny)
Tags :
Kategori :

Terkait