Lima Hektare Lahan di Depan Mapolda Kaltim Terbakar

Jumat 20-09-2019,18:48 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

Kapolres AKBP Wiwin Firta saat ikut memadamkan api yang mendekat ke permukiman. (Andrie/DiswayKaltim.com)

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Balikpapan. Kali ini terjadi di depan markas Polda Kaltim Jalan Syarifudin Yoes.

Tepatnya di RT 37 Kelurahan Sepinggan Baru, Balikpapan Selatan. Api berkobar menghanguskan sekitar lima hektare lahan pada Jumat (20/9/2019) sore sekira pukul 16.00 Wita.

Jajaran kepolisian bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Balikpapan bahkan terlihat kerepotan saat memadamkan api. Pasalnya angin bertiup sangat kencang membuat api semakin cepat menjalar ke kawasan lainnya.

Kapolres Balikpapan AKBP Wiwin Firta yang ikut memadamkan api mengatakan belum mengetahui penyebabnya.

Namun sempat ada laporan dari warga jika sebelumnya terlihat seseorang yang membakar sampah.

"Petugas masih coba mengumpulkan keterangan dari saksi-saksi yang ada. Karena ini sudah mendekati permukiman. Jika ada indikasi kesengajaan maka kami akan menginterogasinya," ujar Kapolres.

Akses menuju lokasi yang sulit dan terbatasnya peralatan menjadi kendala. Bahkan setelah mengerahkan dua fire jeep, tiga damkar dan empat water supply BPBD juga masih kewalahan karena sumber air juga sulit dijangkau.

"Ya beginilah kita, kendala di air. Makanya kita manfaatin sumber air yang ada di sekitar sini," ujar Kepala BPBD, Suseno saat membantu mencari sumber air.

Warga pun terlihat membantu petugas memadamkan api dengan air dari tandon mereka. "Kita juga bersyukur sudah dibantu warga dengan stok air mereka," jelas Suseno.

Hingga pukul 17.15 api yang berada di pinggir jalan bisa dipadamkan. Namun untuk yang berada di dalam petugas belum bisa menjangkaunya. Namun hingga saat ini dua unit mobil BPBD dan sejumlah kepolisian masih berjaga di lokasi. (k/bom/eny).

Tags :
Kategori :

Terkait