700 Kendaraan Dinas Berhasil Didata Pemkab Kukar, 90 Persen Rusak Parah

Kamis 31-12-2020,11:39 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Kukar, nomorsatukaltim.com - Sejak dilakukan penghimpunan kendaraan dinas oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Juli 2020 lalu. Ratusan kendaraan dinas berbagai jenis, seperti roda dua, roda empat, hingga truk dan bus. Terhimpun rapi di halaman Sekretariat Kabupaten (Setkab) Kukar.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar Sunggono menjelaskan. Jika saat ini masih tahap penilaian aset. Terkait kondisi fisik kendaraan yang sudah terkumpul.

"Nanti hasilnya keluar tahun depan, selanjutnya kita lelang sebagian," jelas Sunggono pada Disway Kaltim.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kukar Sukoco. Ada sebanyak 716 unit kendaraan yang berhasil dikumpulkan. Tersebar di 18 kecamatan se-Kukar. Dari komposisi kendaraan roda dua sebanyak 596 unit, kendaraan roda tiga sebanyak 14 unit, kendaraan roda empat sebanyak 103 unit. Dan kendaraan lainnya sebanyak 3 unit.

Khusus kendaraan roda empat, dari 103 unit. Hanya sebanyak 10 persen saja yang dalam kondisi baik. Sisanya rusak berat. Kebanyakan yang masih dalam kondisi baik, merupakan kendaraan yang dikembalikan para pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kukar.

"Untuk kendaraan roda empat 90 persen kondisinya rusak berat," tulis Sukoco melalui pesan singkat WhatsApp.

Sunggono pun menyambut baik dan mengapresiasi setinggi-tingginya. Bagi para ASN yang tidak bertugas di Kukar lagi, maupun pensiunan yang masih menguasai kendaraan dinas. Yang secara sukarela dan merespon baik kegiatan ini.

Selanjutnya bakal segera ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku. Syukur-syukur banyak kendaraan yang berhasil terlelang. Rencananya bakal dilakukan lelang secara terbuka bagi masyarakat secara luas.

"Dan jadi sumber PAD untuk Kukar," pungkas Sunggono. (mrf/ava)

Tags :
Kategori :

Terkait