Bandara SAMS Sepinggan Buka Rute Internasional Akhir Bulan Ini

Jumat 13-09-2019,09:41 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

Suasana di pintu masuk ruang tunggu Bandara SAMS Sepinggan, Rabu (11/9/2019). Penurunan jumlah penumpang disiasati dengan penambahan rute internasional akhir September ini. (Darul/diswaykaltim)

Balikpapan, DiswayKaltim.com – Pertumbuhan penumpang Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan semester I  2019 mengalami penurunan cukup signifikan.

Sehingga pengelola terus meningkatkan jumlah penumpang dengan beberapa cara. Salah satunya adanya tiga rute baru internasional.

General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Sepinggan Balikpapan Farid Indra Nugraha menjelaskan, akan ada penerbangan ke Jeddah yang dibuka maskapan Lion Air pada akhir September nanti.

“Rencananya penerbangan dijadwalkan empat kali tiap bulannya hingga Januari tahun depan. Pesawat yang digunakan Airbus 330-900 dengan kapasitas penumpang 375 penumpang,” ungkapnya, Rabu (11/9/2019).

Kemudian penerbangan internasional lainnya adalah maskapai Royal Brunei akan melayani rute Balikpapan—Bandar Seri Begawan PP sebanyak 7 kali seminggu. “Kemungkinan Oktober 2019 ini sudah bisa buka rutenya,” bilang Farid Indra.

Selanjutnya, Air Asia segera melayani penerbangan ke Malaysia. Saat ini, maskapai negeri jiran itu sedang melakukan kajian.

Untuk meningkatkan jumlah penumpang bukan hanya penerbangan internasional saja. Menurutnya ada beberapa maskapai yang membuka rute ke Jakarta dalam waktu dekat karena padatnya permintaan.

“Bukan rute baru, tapi rute yang sebelumnya tidak beropeasi kini dihidupkan kembali. Karena pertumbuhan penumpang mulai bergerak dengan adanya pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) baru ke Kalimantan Timur,” urai pria berkacamata ini.

Maskapai yang mengajukan rute, yaitu Citilink dan Lion Air dengan rute penerbangan ke Jakarta. Garuda Indonesia sedang dalam tahap evaluasi. (k/fey/eny)

Tags :
Kategori :

Terkait