BMKG Balikpapan Berencana Pasang Alat Cuaca di Tol Balikpapan-Samarinda

Senin 09-09-2019,20:18 WIB
Reporter : Devi Alamsyah
Editor : Devi Alamsyah

Kepala BMKG Ibnu Mulyanto saat menyampaikan rencana pemasangan alat cuaca kepada Kepala BPJT Danang Parikesit.

===========  

Balikpapan, Diswaykaltim.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Balikpapan, berencana akan memasang alat cuaca di sepanjang jalan tol Balikpapan-Samarinda.

Hal ini diungkapkan Kepala BMKG Kota Balikpapan Ibnu Sulistyono, ketika mendampingi Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Danang Parikesit, baru-baru ini.

Ibnu menjelaskan, pemasangan alat cuaca di sepanjang jalan tol tersebut, bisa mendeteksi cuaca di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Alat tersebut juga bisa membaca informasi cuaca terbaru.

Selanjutnya. Data cuaca yang terekam, dapat menjadi acuan pelaksanaan kegiatan berikutnya. Dalam progres pengembangan jalan tol.

"Kita usulkan kepada Kepala BPJT soal pemasangan alat cuaca. Efeknya ada jangka pendek dan panjang. Namun yang pasti soal prediksi prakiraan cuaca disini," ujar Ibnu, Senin (9/9/2019).

Alat cuaca disepanjang jalan tol Balikpapan-Samarinda ini, juga membantu kontraktor. Bisa segera menyelsaikan proyek jalan tol tersebut. Mereka akan tahu informasi terbaru. Kapan hujan dan kapan cuaca panas.

Cara kerja alat ini dapat mempredikasi setiap perubahan suhu dan cuaca. Kemudian, angin di sekitar alat tersebut.

“Prediksi bisa bersifat jam. Berupa peringatan dini. Atau prakiraan cuaca harian sepanjang jalan tol," tambahnya.

Namun, untuk pemasangan alat masih harus menunggu persetujuan Kepala BPJT. Di beberapa tol di Indonesia sudah dilengkapi alat tersebur.

"Alat ini sebagai data dukung informasi langsung dari skitar jalan tol. Jika disetujui," ujarnya.

Sementara itu, untuk jumlah alat cuaca yang akan dipasang masih berkordinasi dengan BMKG Pusat. Namun yang pasti harus ada di sisi pintu masuk. Kemudian di tengah dan pintu keluar tol. (K/bom/dah)

Tags :
Kategori :

Terkait