DPMD PPU Fokus Gali Potensi Desa

Selasa 24-11-2020,00:48 WIB
Reporter : Y Samuel Laurens
Editor : Y Samuel Laurens

PPU, nomorsatukaltim.com - Desa-desa di Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki berbagai potensi. Yang tentu saja sangat luar biasa. Potensi itu mesti mampu dikonversi agar menjadi keuntungan dan keunggulan desa.

Salah satu fokus penggunaan dana desa (DD) ke depan adalah untuk pengembangan ekonomi. Dengan itu, desa wisata dapat menarik perhatian banyak wisatawan. Tujuannya jelas. Agar aktivitas ekonomi perdesaan meningkat.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) PPU, Usep Supriatna menjelaskan Kementerian Desa mendorong desa yang memiliki potensi untuk mengembangkan sektor pariwisata.

"Yang lalu, sektor pariwisata membantu pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan produk unggulan desa," ucapnya saat kunjungan ke desa-desa di Kecamatan Sepaku, Sabtu (21/11/2020). Jelas. Hal itu merupakan upaya DPMD untuk mengurangi kemiskinan dan kesenjangan. Salah satunya juga bisa melalui BUMDes. Satu langkah yang perlu diambil DPMD ialah menggali setiap potensi di 30 desa yang ada di daerah termuda kedua di Kaltim ini. Agar dorongan pada desa yang memiliki potensi untuk dikembangkan bisa berjalan. Yang tentu saja sesuai dengan kearifannya. "Apalagi banyak desa di PPU memiliki potensi wisata yang sangat luar biasa. Yang mana itu belum semuanya diketahui masyarakat secara luas," ujarnya. Seperti pada sektor kepariwisataan. Tak sedikit objek-objek wisata yang sudah ada, perlu dikembangkan. Lalu juga BUMDes, desa yang belum memiliki dan belum aktif. Jadi pengorganisir kendala dalam pelaksanaannya juga terus pihaknya lakukan. Secara teknis, upaya ini turut melibatkan para pendamping Program Pembangunan, Pemberdayaan Kelurahan dan Perdesaan Mandiri (Pro-P2KPM). "Upaya-upaya itu sejalan dengan program untuk peningkatan IDM (indeks desa membangun)," katanya. Saat ini, PPU sudah memiliki 3 desa maju, 7 desa mandiri. Dan sisanya berstatus berkembang. Tak ada desa dengan status sangat tertinggal maupun tertinggal. "Kita berharap, semoga hal ini bisa disambut baik oleh semua lapisan masyarakat," tutupnya. (ADV/rsy/sam)
Tags :
Kategori :

Terkait