Taman Gubang, 1 Keindahan Lainnnya di Kukar yang Wajib Dikunjungi

Minggu 15-11-2020,19:47 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Kukar, nomorsatukaltim.com – Satu lagi destinasi wisata pendatang baru hadir di Kutai Kartanegara (Kukar). Namanya Taman Gubang. Letaknya di Desa Loa Ulung, Kecamatan Tenggarong Seberang. Apa menariknya?

Taman Gubang adalah perpaduan antara wisata alam dan buatan. Karena destinasi yang menjual panorama danau ini, menyulap kolam eks tambang menjadi sebuah tempat yang menakjubkan. Dengan berbagai sentuhan kreatif kekinian.

Spot utamanya adalah dermaga Taman Gubang. Suasananya sungguh asri. Baru mau masuk ke area dermaga saja pengunjung sudah disajikan pemandangan menyejukkan. Bebungaan tersusun rapi. Berwarna-warni. Membuat pengunjung ingin memiliki dan memutiki. Tapi jangan dipetik ya. Bunganya cukup dipandang saja. Next.

Begitu sampai di dermaga. Pemandangan danau nan luas langsung memenuhi kelopak mata. Adem.

Sampai situ pengunjung bisa memilih. Mau duduk leyeh-leyeh saja. Sambil mengunyah gorengan hangat dibarengi kopi, teh, atau minuman apa saja yang tersedia, bisa. Mau sambil berswafoto, sudah tentu bisa ya.

Kalau mau sedikit mengeksplore danau. Pengunjung bisa langsung terjun ke danau. Tidak…tidak. Bercanda.

Dari dermaga, segala aktivitas di Taman Gubang bisa disaksikan. Untuk sekedar dilihat atau diabadikan melalui tangkapan gambar. (dok/Chiel Ipeth)

Sudah disediakan perahu dan sepeda air. Pengunjung bisa memilih armada sesuai selera. Untuk menjangkau sebagian luasan danau. Atau hanya untuk berfoto di tengah danau.

Perahu-perahu ini sangat aman untuk kamu yang tidak bisa berenang. Karena sudah disediakan life jacket. Untuk menyewa perahu kecil, pengunjung cukup keluarkan uang Rp 20 ribu. Sudah bisa berkeliling danau selama 2 jam. Murah banget ya.

Kalau mau perahu yang lebih besar dengan desain yang unik itu. Harganya Rp 100 ribu. Tapi  bisa ditumpangi 8 orang. Durasi jelajahnya selama 40 menit.

Dua perahu yang dijadikan satu ini menjadi daya tarik utama. (dok/ Mahakam Eksplore)

Dan bagi pengunjung yang gemar memancing. Jangan khawatir. Karena sudah disediakan perahu khusus. Maharnya hanya Rp 30 ribu. Sudah bisa dibawa dari pagi sampai jam 2 siang. Atau mulai jam 2 siang sampai jam 6 sore. Suka-suka pengunjung saja.

Pengunjung juga tak harus buru-buru pulang. Karena Taman Gubang tutup jam 9 malam. Pengunjung dipersilakan menikmati suasana hingga jelang malam. Walau memang, berbagai pelayanan seperti penyewaan perahu dan lainnya berakhir pukul 6 sore saja.

Best moment-nya tentu saat senja. Tatkala matahari akan pulang ke peraduannya. Semburat sinar jingganya turut memantul di air danau. Bagus-bagusnya untuk berfoto. Nikmat-nikmatnya menyeruput kopi. Aduhai. Yakin gak mau main ke Taman Gubang?

Tidak bisa berenang bukan alasan untuk tidak merasakan pengalaman naik sepeda air di Taman Gubang. (Dok/ Dian Rosita)

Taman Gubang sendiri masihlah sangat belia. Mulai dibuka pelan-pelan April 2020 lalu. Sehingga berbagai perbaikan lokasi dan peningkatan masih terus dilakukan secara marathon. Walau masih bau kencur –ibarat bayi. Taman Gubang sudah masuk jajaran destinasi wisata favorit di Kukar. Karena dalam sepekan, bisa mendapat 800 kunjungan.

*

DULUNYA DIMANFAATKAN UNTUK SISTEM IRIGASI

Pengelola Taman Gubang Ahmadi mengatakan, dulunya danau yang terbentuk karena aktivitas tambang ini sempat dijadikan sistem irigasi oleh masyarakat petani Desa Loa Ulung. Namun seiring lahan pertanian makin sempit. Maka sistem irigasi pun tak lagi diperlukan.

Tags :
Kategori :

Terkait