Penjualan Mobil Naik Jelang Akhir Tahun

Jumat 06-11-2020,17:09 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

Balikpapan, nomorsatukaltim.com – Penjualan mobil di Indonesia terus membaik di tengah situasi pandemi. Momen akhir tahun menjadi peluang para Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) memicu penjualan.

Seperti dilakukan PT Isuzu Astra Motor Indonesia. Perusahaan yang fokus pada penjualan kendaraan komersial. Pada September 2020 ini, Isuzu berhasil melego 5.839 unit. Penjualan ini membaik jika dibanding Mei 2020 yang hanya mencaat 1.981 unit. “Pertumbuhan penjualan kendaraan menjadi sentimen positif kembali bergeraknya sektor ini,” kata Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Ernando Demily pada diskusi daring Dampak Pandemi dan Perubahan Lanskap Industri Logistik Nasional, baru-baru ini. Ia mengatakan, pada Juni 2020 penjualan terus meningkat. Awal tahun 2020 pangsa pasar 18,1 persen. Kemudian pada September berada pada 26,3 persen. Meski secara volume unit penjualan Isuzu menurun. Namun pangsa pasar penjualan Isuzu meningkat. Isuzu banyak melayani pangsa pasar kendaraan komersial yang melayani angkutan logistik, pertambangan, perkebunan selain kendaraan penumpang. Menurut Ernando, pasar otomotif dan kendaraan komersial pada April dan Mei 2020 turun drastis lantaran pandemi COVID-19. “Pada Juli hingga September 2020 penjualan kendaraan secara bertahap mulai naik. Namun, kalau dibandingkan dengan 2019, lebih rendah sekitar 50 persen,” imbuh dia. Sementara itu produsen otomotif asal Tiongkok, Wuling Motors, menggencarkan Wuling Almaz untuk menggempur pangsa pasar kendaraan pribadi. Wuling Almaz menjadi senjata pabrikan dengan mengandalkan Smart Technology SUV dengan fitur canggih. Produk yang sudah mengaspal sejak tahun lalu ini dilengkapi perintah suara berbahasa Indonesia.  Media Relations Wuling Motors, Brian Gomgom mengatakan, lini produk yang mengusung tagline ‘Drive Unlimited Way’ ini dilengkapi dengan Wuling Indonesian Command (WIND). WIND merupakan inovasi perintah suara yang canggih dan berbahasa Indonesia. “Baik Almaz dan WIND ini juga sudah memperoleh sambutan yang hangat di pasar otomotif Tanah Air,” kata dia. Ini karena WIND mengenali perintah suara dalam bahasa Indonesia sehari-hari. Sedangkan spesifikasi, Almaz diperkuat dengan mesin 1.500cc turbocharged.  Mampu memproduksi tenaga maksimal 140 HP dan torsi 250 Nm. Yang disalurkan melalui transmisi CVT dengan pilihan mode berkendara eco, sport dan 8-speed manual simulation yang responsif. Selain itu, Almaz juga hadir dengan opsi transmisi manual 6-percepatan. Mengusung rancang desain eksterior beraura stunning dan sporty pada bagian depan. Dan masih menjadi daya Tarik melalui Integrated Future Eyes LED dan lampu utama proyektor LED yang ditanamkan di area bawah. Tak hanya itu, di sisi samping diterapkan gaya dynamic parallel dan floating roof yang menjadikan tampilannya semakin modern. Brian menambahkan, smart technology SUV ini diproduksi di pabrik Wuling yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik ini mengaplikasikan ‘Global Manufacturing System’ (GMS). Dilengkapi dengan fasilitas produksi terintegrasi dan berteknologi modern yang memberikan kualitas terbaik. Platform dari model SUV ini juga telah digunakan di berbagai negara. Wuling juga memiliki layanan 3 Days Commitment dengan jaminan penyelesaian servis paling lambat selama 3 hari. Wuling didukung jaringan diler di Kota Balikpapan, dan Samarinda. (fey/eny)
Tags :
Kategori :

Terkait