Kukar Mulai Data Tenaga Kesehatan yang Akan Disuntik Vaksin COVID-19

Selasa 13-10-2020,19:45 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Tenaga kesehatan akan mendapat suntikan vaksin lebih dulu.

Kukar, nomorsatukaltim.com – Pemkab Kukar sudah ancang-ancang. Untuk menjalankan intruksi pemerintah pusat. Soal distribusi vaksin COVID-19. Yang wacananya sudah ditemukan dan akan mulai digunakan akhir tahun ini, atau selambat-lambatnya awal tahun 2021.

Di Kukar, tenaga kesehatan akan menjadi prioritas pengguna vaksin. Alias akan didahulukan. Bukan karena vaksin ini belum layak edar ke masyarakat. Toh, pemerintah pusat menjamin vaksin tersebut aman. Sudah melalui uji laboratorium.

Dinas Kesehatan (Diskes) Kukar sudah melakukan pendataan terhadap nakes. Yang nantinya akan divaksin. Soal bagaimana selanjutnya, masih menunggu arahan lebih jauh.

"Ngikuti instruksi dari pusat karena datangnya (vaksin) dari sana," ujar Martina. Kepala Diskes Kukar pada Disway Kaltim, Selasa (13/10/2020).

Nakes diprioritaskan bukan tanpa alasan kuat. Mereka akan didulukan karena secara praktik, nakes pula yang berhadapan langsung dengan suspek COVID-19. Mulai dari tenaga kesehatan di ruang isolasi. Di RS Darurat Wisma Atlet Kukar. Hingga dari Diskes Kukar maupun Puskesmas, yang melakukan proses tracing di lapangan.

Jumlahnya tidak sedikit. Meskipun tidak menyebutkan secara gamblang. Namun tenaga kesehatan di Kukar disebutkan Martina cmenapai 2 ribu. Tersebar di 18 kecamatan.

Bahkan dari jumlah pasien terkonfirmasi positif di Kukar. Puluhan tenaga kesehatan ikut terpapar. Kemungkinan saat bertugas dan merawat pasien COVID-19.

Hadirnya vaksin untuk virus corona ini tentu jadi angin segar. Di tengah perjuangan pemerintah memerangi pandemi COVID-19. Di mana jumlah pasien terkonfirmasi positif dengan pasien yang sembuh saling sikut. Dan masih didominasi pertambahan jumlah pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19. (mrf/ava)

Tags :
Kategori :

Terkait