Masyarakat Harus Berperan

Jumat 09-10-2020,10:39 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

PJS Gubernur Kaltara Teguh Setyabudi (tengah) menghadiri sosialisasi Pilkada 2020 di Gedung Gabungan Dinas, Kamis (8/10).(HUMAS PEMPROV KALTARA)

Wujudkan Pilkada Aman dan Sehat

TANJUNG SELOR, DISWAY – Komitmen tokoh masyarakat maupun adat, serta media atas komitmen menyukseskan Pilkada Serentak 2020 yang aman dan sehat, mendapat apresiasi Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kaltara Teguh Setyabudi.

Itu disampaikan Teguh saat membuka kegiatan sosialisasi Pilkada 2020 kepada masyarakat yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltara di Gedung Gabungan Dinas, Kamis (8/10).

“Pilkada langsung pada saat ini akan menentukan bagaimana masyarakat berperan. Namun, sekarang ini berbeda dan pertama kali pilkada dilaksanakan pada saat pandemi. Ini perlu menjadi perhatian sendiri, pilkada punya payung hukum yang harus disesuaikan pelaksanaannya dengan pandemi,” kata Teguh.

Salah satu indikator terpenting, lanjutnya, yaitu partisipasi masyarakat. “Untuk Pemilukada Kaltara, target partisipasi masyarakatnya saat ini adalah 75 persen. Tentu harus bersinergi bersama TNI/Polri, DPRD provinsi dan kabupaten/kota, serta partai politik. Dan, itu tidak cukup tanpa adanya partisipasi masyarakat," ujarnya.

Karena itu, ia kembali meminta dukungan semua pihak. Untuk berkomitmen mendukung pelaksanaan pilkada kali ini. “Kepada (pegawai, Red) Pemprov, saya sampaikan kita harus netral. Jika kita tidak dianggap tidak netral, tolong laporkan saja ke Bawaslu,” ujarnya.

Ia juga berpesan kepada masyarakat, agar memilih pasangan calon kepala daerah yang bisa memberi contoh dan teladan untuk menangani pandemik COVID-19 ini. “Adu program, adu gagasan, bukan adu kerumunan,” ujar Teguh.

“Sekali lagi saya berpesan, kita bisa beda pilihan dan jangan sampai merusak persatuan. Mari kita jaga Pancasila untuk selalu hadir di hati kita. Pilkada aman, rakyat sehat," lanjutnya. HMS/REY

Tags :
Kategori :

Terkait