Kaltara Raih Anugerah Gatra

Jumat 28-08-2020,14:56 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

GUBERNUR Kaltara Irianto Lambrie mengikuti acara Anugerah Gatra 2020 secara virtual, Kamis (27/8).(HUMAS PEMPROV KALTARA)

TANJUN SELOR, DISWAY – Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara terpilih sebagai penerima penghargaan Anugerah Gatra 2020, untuk kategori “Infrastruktur Penggerak Pemulih Ekonomi Daerah”. Anugerah Gatra, merupakan yang kedua kalinya diterima Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.

“Penghargaan ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kita semua, masyarakat Kaltara. Bukan hanya Pemerintah Provinsi. Keberhasilan pembangunan infrastruktur, juga atas dukungan seluruh masyarakat,” kata Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie, Kamis (27/8).

Penghargaan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, diberikan setelah tim dari Gatra Media Group, melakukan sejumlah tahapan penilaian. Terutama dalam hal pembangunan infrastruktur di provinsi ke-34 ini. Salah satu indikatornya, sebagai daerah baru yang tidak memiliki anggaran besar, mampu membangun berbagai infrastruktur dengan nilai yang sangat besar.

“Kaltara memang tidak punya anggaran. Tapi kita punya cara bagaimana bisa membangun dengan biaya besar. Melalui berbagai inovasi, sinergi dengan pemerintah pusat, alhamdulillah anggaran puluhan triliun digelontorkan untuk membangun infrastruktur di Kaltara,” ungkap Irianto.

Turunnya anggaran dari pusat itu, lanjutnya, tidak secara ujug-ujug. Pemerintah pusat, kata Irianto, juga tidak sembarang memberikan anggaran besar, tanpa penjelasan dan disertai dengan data-data lengkap yang disampaikan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.

Menurutnya, infrastruktur yang andal menjadi kunci dalam upaya menjaga dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, baik di daerah maupun secara nasional. Untuk itu, pembangunan infrastruktur menjadi salah satu prioritas yang dilakukan Pemprov Kaltara. Yaitu melalui 11 prioritas pembangunan infrastruktur. Di antaranya, sektor kelistrikan, industri, jalan, dan lainnya.

“Infrastruktur itu bukan sebatas pembangunan jalan. Tapi, juga infrastruktur pendidikan, kesehatan, temasuk ekonomi seperti pasar dan lainnya,” ujarnya.

Tags :
Kategori :

Terkait