Sektor Pendidikan Prioritas

Selasa 18-08-2020,14:09 WIB
Reporter : admin3 diskal
Editor : admin3 diskal

GUBERNUR Kaltara Irianto Lambrie bertemu tenaga pendidik di Gedung serba guna SMKN 2 Tarakan. Foto kanan, Irianto kunjungan di SMAN 1 Bunyu, Sabtu (15/8).

Tarakan , Disway – Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie, memanfaatkan akhir pekan dengan berkunjung ke Tarakan dan Pulau Bunyu, Bulungan, Sabtu (15/8).

Di Tarakan, Irianto berkunjung ke SMK Negeri 2. Ia juga secara simbolis menyerahkan bantuan pembangunan bidang pendidikan. Sumber dana APBD dan APBN (DAK) tahun anggaran 2020 kepada sejumlah SMP, SMA/SMK negeri dan swasta di Tarakan. Total anggarannya, sekitar Rp 25 miliar.

“Untuk pendidikan, selalu diprioritaskan. Dan, dana DAK ini cukup besar. Jadi, manfaatkan secara maksimal,” ujar Irianto.

“Lebih penting lagi, gunakan anggaran yang tersedia sesuai aturan dan peruntukannya. Karena pasti akan diaudit BPK. Saya juga memerintahkan kepada jajaran Disdikbud Kaltara, untuk melakukan asistensi, bimbingan, monitoring dan evaluasi,” lanjutnya.

Untuk diketahui, untuk kegiatan pembangunan bidang pendidikan itu, total anggaran untuk jenjang SMA Rp 8.621.423.650, jenjang SMK Rp 16.429.794.936, dan SLB Rp 689.290.550.

Karena itu, Irianto menekankan anggaran ini sifatnya swakelola itu, dikelola dengan baik. Sebab, sangat rawan diselewengkan. “Jangan sampai itu terjadi. Karena, bantuan ini adalah hak dan kepentingan orang banyak.

Untuk itu, saya minta, bantu Pemprov Kaltara untuk melakukan tata kelola keuangan yang tepat. Bantu Pemprov Kaltara meraih opini WTP untuk yang selanjutnya dari BPK RI,” ujarnya.

Tags :
Kategori :

Terkait