Otoritas Bandara Melalan Lakukan Latihan PKD, Antisipasi Darurat Bencana

Kamis 13-08-2020,22:37 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Kepala UPBU Melalan, Sumariyanto, menjadi komandan upacara dalam pembukaan Latihan PKD Bencana di halaman terminal Bandara Melalan Sendawar, Kamis 13 Agustus 2020. (Imran/nomorsatukaltim)

Sendawar, nomorsatukaltim.com –  Kepala Unit Pengelola Bandara umum (UPBU) Melalan Sendawar, Kabupaten Kutai Barat (Kubar), mengatakan pihaknya telah melakukan persiapan, jika suatu saat terjadi bencana kebakaran di bandara itu.

Hal itu disampaikannya saat menjadi komandan upacara pembukaan Latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD)  Bencana di halaman terminal Bandara Melalan Sendawar, Kamis (13/8).

Meski dilakukan pelatihan persiapan penanggulangan bencana, namun kondisi darurat bencana diharapkan tidak akan pernah terjadi di Bandara Melalan Sendawar.

“Latihan PKD sebagai persiapan, dalam rangka mengantisipasi bencana yang tidak bisa diduga datangnya,” ungkapnya dalam sambutannya.

Tujuan utama dilakukan pelatihan PKD untuk penanganan keadaan darurat bencana.

“Jika suatu waktu terjadi insiden atau bencana, maka dapat ditangani secara cepat, efisien, efektif, dan  responsibility,” tuturnya.

Kerja sama antar stakeholder penanganan darurat bencana ini diharapkan bisa berjalan dengan baik ke depan.

Sementara itu, Wakil  Bupati Kubar,  Edyanto Arkan yang hadir dalam upacara itu. Sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Otoritas Bandara Melalan, berupa Pelatihan Penanganan Bencana.

“Kegiatan itu sangat baik. Mencoba memprediksi, jika terjadi suatu musibah di Bandara Melalan Sendawar, maka sudah ada persiapan matang,” bebernya kepada wartawan.

Dengan pelatihan itu Wabup berharap dapat memperkecil dampak yang ditimbulkan oleh sebuah musibah. Misalnya kata dia, apabila terjadi kebakaran pesawat di Bandara Melalan. 

“Harapan kita, jangan sampai pernah terjadi musibah di Bandara Melalan. Sangat disyukuri bandara ini sudah menyiapkan segala persiapan, jika terjadi sesuatu musibah,” tandasnya.

Untuk diketahui, dalam kesempatan itu hadir pula Pembina Latihan dari Kantor Otoritas Bandara Wilayah  7 Balikpapan,  Polres Kubar, Kodim 0912 Kubar, Kepala Dinas Perhubungan Kubar, serta para peserta pelatihan.(imy/ava)

Tags :
Kategori :

Terkait