Helmi Abdullah Terpilih Jadi Plt Ketua DPRD Samarinda

Rabu 12-08-2020,13:43 WIB
Reporter : Y Samuel Laurens
Editor : Y Samuel Laurens

Plt Ketua DPRD Samarinda, Helmi Abdullah ditemui Nomorsatukaltim.com di Gedung DPRD Samarinda, Rabu (12/8) Siang. (Nada/ Nomorsatukaltim)

Samarinda, nomorsatukaltim.com - Ketua Fraksi Gerindra Helmi Abdullah resmi terpilih sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, Rabu (12/8/2020).

Perihal tersebut dipaparkan dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Samarinda Masa persidangan II Tahun 2020 dengan agenda Pelaksana Tugas Ketua DPRD Kota Samarinda.

Helmi menyebutkan bahwa terpilihnya dirinya, berdasarkan undang-undang dan juga yang tercantum dalam tata tertib (Tatib).

"Sebenarnya masalah pelaksana tugas ini sudah diatur di undang - undang pemerintahan atau pun di tatib kita, jadi kita menjalankan sesuai tatib saja," ucapnya saat diwawancarai usai rapat.

Ia melanjutkan, dalam undang-undang tersebut berbunyi apabila ketua definitif meninggal dunia, maka yang menjadi penggantinya adalah dari pemenang partai kedua dan disepakati oleh pimpinan.

"Apabila Ketua DPRD definitif meninggal dunia, maka penggantinya adalah dari partai pemenang kedua, dan disepakati oleh pimpinan. Jadi kami bertiga ini menyepakati ketentuan yang sudah ada, saya, pak Subandi dan Pak Rusdi," ucapnya.

Selanjutnya disinggung terkait kapan penggantian untuk menjadi ketua definitifnya, ia pun tidak bisa memberikan kepastian, yang jelas akan menunggu usulan dari Partainya.

"Kalau penggantian ketua definitifnya menunggu usulan dari partai PDIP, aryinya DPC nya yang mengurus ke DPP siapa yang ditunjuk untuk menjadi ketua DPRD definitif. Nanti prosesnya seperti ini lagi," pungkasnya. (nad/sam)

Tags :
Kategori :

Terkait