Cegah COVID-19, Polsek Pelabuhan Terapkan Protokol Ketat Hingga Sasar Penumpang Kapal

Minggu 09-08-2020,23:53 WIB
Reporter : Y Samuel Laurens
Editor : Y Samuel Laurens

Polsek Pelabuhan memberlakukan area wajib protocol kesehatan. Bagi yang bepergian dengan transportasi kapal diwajibkan memersiapkan perlengkapan. Seperti masker dan membawa handsanitizer. (istimewa humas Polresta Samarinda)

Samarinda, nomorsatukaltim.com - Pandemi COVID-19 belum usai. Semua pihak menerapkan protokol kesehatan ketat untuk memutus mata rantai penyebarannya. Seperti yang dilakukan Polsek Kawasan Pelabuhan Samarinda, Minggu (9/8).

Wakapolsek Pelabuhan AKP Roganda, SH bersama Jajarannya melaksanakan Monitoring Protokol Kesehatan. Bagi penumpang kapal yang tiba di dermaga Pelabuhan Samarinda. "Salah satunya dengan giat penerapan cuci tangan yang benar dengan sabun dan air mengalir yang terbukti secara klinis membunuh kuman dan virus seandainya ada virus maupun kuman yang menempel di tangan,” terangnya.

Termasuk pula menjelaskan tata cara mencuci tangan yang betul. Muai dari bagian telapak, punggung, hingga sela-sela jari. Semua diterapkan dan dipraktekkan dengan detail. “Harapannya masyarakat lebih paham dan tahu tata cara mencuci tangan sesuai protokol kesehatan,” tutupnya.

Terpisah, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Samarinda Kompol Aldi Alfa Faroqi,SH,S.I.K. mengatakan kegiatan ini sengaja dilakukan. Sebagai bagian dari monitoring protokol bagi penumpang dengan ketat. Pihak Polsek KP Samarinda juga bekerja sama dengan instansi terkait. Seperti dari KSO, dari Kantor Kesehatan Pelabuhan, Karantina Hewan dan Tanaman dan dari Pelindo IV. Bentuk kerjasamanya beragam. Seperti menyiapkan kartu uji swab.

"Penumpang negatif, memakai masker,jaga jarak disamping tiba di samarinda dengan tetap diterapkan cek suhu dan cuci tangan dengan harapan memutus mata rantai penyebaran COVID-19," pungkas Kapolsek.(top/boy)

Tags :
Kategori :

Terkait