Bukan Corona Aja, Ini 10 Penyakit Paling Banyak Serang Warga Kubar

Minggu 09-08-2020,17:49 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Sekretaris Diskes Kubar, Barnabas SKM. (imran/nomorsatukaltim)

Sendawar, nomorsatukaltim.com – Dinas Kesehatan (Diskes)  Kabupaten Kutai Barat (Kubar) menjelaskan, selama Pandemi COVID-19 ini, ternyata ada 10 jenis penyakit yang rentan diderita masyarakat di Kubar. Bahkan jumlah penderitanya yang tercatat di rumah sakit dan puskesmas se-Kubar, sangat signifikan.

“Menurut data kami, 10 penyakit terbesar, lebih kepada penyakit biasa. Seperti hipertensi dan diabetes. Tidak menutup kemungkinan datang musim hujan, maka malaria dan DBD dikawatirkan meningkat,” kata Sekretaris Diskes Kubar, Barnabas SKM kepada nomorsatukaltim, Jumat (7/8/2020) di ruang kerjanya. 

Dari data yang ada, kata Barnabas. Terlihat masih normal. Artinya menurutnya, penyakit selain corona yang diderita masyarakat (pasien) belum melampaui ambang batas.

“Termasuk penyakit filariasis dan tuberkolosis (TBC), masih tetap ditangani oleh posyandu dan puskesmas se-Kubar. Juga anak sekolah sebagai sasaran pemberian imunisasi tetap berjalan dengan baik, didatangi kerumah,” ungkap Barnabas.

Diskes Kubar mencatat sepuluh jenis penyakit mendominasi pada masa pandemi COVID-19 di Kubar . Yakni, influenza berjumlah 3.939 pasien, gastritis 3.672, hipertensi primer 3.474, dan nasopharingitis akuta (commond cold) ISPA 2.457, dyspepsia 1381.

“Juga demam  yang tak diketahui sebabnya 1.276, hipertensi 1.228, infeksi akut lain pada sel pernapasan atas 925, migren 825, faringitis akut 776, dan penyakit lain 15.420,” ungkapnya.

Diskes Kubar mengimbau rumah sakit, puskesmas, serta pusat kesehatan masyarakat se-kubar, agar terus menguatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. (imy/ava)

Tags :
Kategori :

Terkait